Halo Pelangi

16.17


(aduuhhh...saya posting ini telat banget ya. kejadian ini udah dari bulan lalu, tapi baru sempet saya posting sekarang)
Hehehehe jangan bingung ya sama judul di atas.. Yang saya maksud adalah pelangi di sekitar matahari atau lebih dikenal sebagai halo matahari. Kemaren Selasa tanggal 4 (bulan Januari), saya bisa ngliat fenomena alam ini langsung dengan mata kepala sendiri. Halo matahari ini berlangsung krira-kira 1 jam. Dari jam 10 lebih sampai jam ½ 12-an.
Hari itu, kita ada acara pengajian. Seorang temen tiba-tiba keluar ruangan karena nerima telepon. Tapi ternyata bukan hanya nerima telepon, dia juga jepret-jepret pakai ponsel kamera. Tapi anehnya, si temen kok ngarahin ponselnya ke atas, ke arah matahari. Kita yang di dalam jadi heran, soalnya bukan dia sendiri, tapi beberapa orang juga motret-motret ke arah matahari. Setelah temen saya balik, kita langsung heboh tanya-tanya. Ternyata menurut dia, ada pelangi di sekitar matahari. Kalo biasanya matahari berbentuk setengah lingkaran. Kali ini pelanginya berbentuk lingkaran dan mengelilingi matahari. O iya ada istilahnya juga buat si pelangi ini, yaitu halo matahari. Peristiwa kayak gini, termasuk jarang terlihat. Meskipun menurut ahli (yang saya baca di Koran-koran) fenomena seperti ini termasuk fenomena biasa, karena saat ini masih termasuk musim hujan (masih inget pelajaran IPA kan, tentang terbentuknya pelangi). Nah, proses terbentuknya halo ini, kalo gak salah juga sama. Karena uap air yang terkena sinar matahari.
O, iya, halo matahari ini juga sempat bikin warga Jogja panik lho (halo matahari ini cuma terlihat di Jogja, ini yang saya baca di Koran.). Katanya pas gempa di Mentawai, beberapa hari sebelumnya juga terlihat halo matahari kayak gini (ini menurut cerita temen). Dengan nulis kayak gini, bukannya saya nakut-nakutin lho. Saya cuma nyampein yang saya baca di Koran mengenai fenomena halo matahari. Kalo menurut saya pribadi sih, saya lebih setuju sama pendapat ahli, kalo fenomena ini ya fenomena alam. Kan kita emang lagi menagalami musim hujan. Jadi kalo ada pelangi ya wajar. Dan pelangi siang itu memang bagus banget. Untung saya sempet ngambil gambarnya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kalau dikaitkan dengan fenomena alam, itu masuk akal ya Dian. Betul itu, karena lagi musim hujan jadi wajarlah kalo terjadi pelangi seperti itu.

    BalasHapus
  2. saya juga punya fotonya, adek saya sempet foto si si halo matahari. yah smoga aja ini hanya gejala alam ya, bukan pertanda buruk seperti yang diduga babyak orang. amin...

    BalasHapus