Budaya Kekerasan Pada Siswa

13.36

Kemaren habis banguntidur, karena gak mbantuin masak, saya langsung nonton Selamat Pagi di Trans7. Dan berita pertama adalah perkelahian antara siswi sebuah SMA Negeri di Kupang. Antar siswi berkelahi? kaget gak tuh.Mungkin kita udah sering denger ya perkelahian antar siswa, tapi yang bikin kaget adalah, yang berkelahi itu cewek. Berkelahinya di tonton sama anak cowok lagi. waduh bikin geleng-geleng kepala nih. habis itu yang berkelahi itu anak SMA Negeri. Padahal kan kita mengenal anak SMA negeri itu anak yang bisa diatur. Lha ini .... Bikin prihatin aja. Gimana gak prihatin. Sekarang ternyata budaya kekerasan gak cuma menghinggapi masyarakat umum tetapi juga anak sekolah yang notabene harusnya kan tahu kalo kelakuannya gak mencerminkan seseorang yang berpendidikan.
Habis tayangan perkelahian anak SMA itu, host Selamat Pagi ngomong, anak SMA jaman sekarang, nunjukkin eksistensi diri pake cara kayak gini. Padahal jamannya dia dulu gak. Bener juga ya. Dulu waktu saya jaman SMA gak kayak gitu deh. Padahal jaman saya SMA itu kira-kira 4 tahun lalu. Wow, keadaan bisa berubah ya dalam 4 tahun. Dulu waktu SMA boro-boro berkelahi atau ribut. cari masalah dikit aja gak berani koq. Prinsip kita dulu jangan sampe nglanggar aturan. Jadi kita patuh-patuh aja. Habis itu kita mendingan mikirin untuk menyetak prestasi. Atau bikin bangga sekolah deh. Jangan sampe bikin masalah.
Dulu kita baru dianggap eksis kalo menang di berbagai lomba atau termasuk rangking 10 besar. habis itu kita mending belajar buat nyiapin ulangan umum daripada bolos gak karuan gitu. Dulu jaman SMA saya juga ikut tonti, tapi gak ada model kekerasan kayak gitu. Paling kita cuma latihan fisik yang emang kita butuhin. Waktu pelantikan juga cuma ditampar pelan sama kakak kelas. gak ada yang sampe dibikin babak belur atau luka-luka. Gak berani, daripada kena masalah. Habis itu kalo murid-murid bikin kesalahan paling cuma dinasehatin. tapi kalo udah kebangeten paling disuruh bikin karya tulis. Jadi saya ngrasa dulu waktu jaman SMA sih baik-baik aja. Beda banget sama SMA jaman sekarang.

You Might Also Like

0 komentar