Minjem, tapi Kok...

09.21

Udah agak lama sih saya pengen posting tentang topik ini, Tapi dari kemaren belum sempet, ya udah sempetnya baru sekarang. Saya jadi kepikiran buat nulis tentang pinjem meminjem, gara-gara ada kejadian, helm saya yang dipinjem kembali dalam keadaan rusak. Sekrup di kaca helm saya ilang (kan kalo helm standar biasanya ada kacanya), jadi posisi kacanya gak bener. Udah gitu yang buat ngancingin helmya juga patah. parah deh. Tapi saya cuma bisa ngelus dada aja gak bisa komplain.
Yang namanya pinjam meminjam mungkin hal yang wajar ya. Siapa sih yang gak pernah minjem barang atau dipinjem barangnya. Sah-sah aja sih. Namanya juga sebagai manusia kan harus saling tolong menolong. Salah satunya ya dengan saling meminjamkan. Saya bikin posting tentang topik ini, bukannya karena saya anti ya sama pinjam meminja. Soalnya kan saya juga kadang minjem barang orang juga. Tapi kan pinjem meminjam ada etiketnya juga. Makanya saya sering heran, kok ada ya yang gak ngeh sama etiket pinjam meminjam ini.
Padahal setau saya, tata kramanya minjem barang orang juga gak susah-susah banget. Tinggal jaga baik-baik barang yang dipinjem dan jangan lupa ngembaliin kalo udah selesai. Tapi kayaknya dua hal itu yang susah banget dilakuin. Ini menurut pengalaman saya ya. Soalnya sering juga, barang saya yang dipinjem, kembali dalam keadaan rusak. Bukan cuma kisah helm di atas ya, tapi ada juga nih buku kuliah yang dipinjem, balik dalam keadaan kotor atau dicoret-coret. Lumrah sih kalo sebagai yang punya barang kita protes. tapi ya itu, masalahnya saya gak pernah bisa protes. Soalnya kadang kalo orangnya nydar, dia langsung minta maaf. Kalo udah minta maaf, biasanya sih saya gak pernah permasalahin. Tapi yang gak nyadar, kalo udah ngrusakin barang yang dipinjem itu lho yang bikin saya sebel. Sayanya juga gak bisa protes, maklum orang Jawa. Basa-basinya terlalu gede. Pernah sih saya ngomel-ngomel sendiri gara-gara tau barang saya rusak, terus cerita ke ibu saya (yang masalah helm itu). Dan tau gak reaksi ibu saya, malah saya yang dimarahin. Dibilangin gak sopanlah, gak mau nolong orang, gak punya rasa sosialisi terus malah nyuruh saya gak usah masalahin, kan masih bisa dibenerin. Makin bete kan. Bukan masalah masih bisa dibenerin apa gak, tapi masalah tanggung jawabnya itu lho. Mending kalo orangnya nyadar, terus mau minta maaf. Syukur-syukur mau mbenerin. Tapi ini malah cuek aja. Jadi kayak makan buah simalakama. Kalo protes sama orangnya ntar dianggap pelit, ujung-ujungnya bisa ngrusak hubungan. Tapi kalo gak protes, malah saya yang makan ati sendiri.
Selain barang yang rusak kalo balik, ada lagi nih yang saya sebelin. Kalo minjem terus gak dibalikin. Bukannya yang namanya minjem itu cuma punya hak pakai kan bukan hak milik. Tapi ya itu, pernah juga sih ada barang yang gak balik. Biasanya ini kejadiannya antar tetangga. Soalnya pernah juga dih. Misalnya si A pinjem buku resep si B, eh terus gak balik-balik dan lama-lama lupa. Kalo kasus yang kauak gini kadang ribet juga. Kalo diminta lagi, mending kalo dibalikin. Kalo gak malah kitanya yang malu.
Terus ada lagi, kalo pinjem malah diilangin. kalo kasus yang ini, temen saya pernah ngalaminnya. Sebenernya sepele sih, yang dipinjem cuma bolpen. sama temen saya yang minjem, bolpen itu malah diilangin. Udah gitu gak ada permintaan maaf lagi. Temen saya yang punya bolpen itu kan jadi bete. Soalnya, yang minjem gak mgomong langsung, tapi lewat orang lain. Sampe sekarang temen saya yang punya bolpen itu masih sebel. Soalnya yang minjem sama sekali gak ada rasa penyesalannya sih.
Sekali lagi, bukannya saya anti pinjam meminjam ya. tapi kadang suka sebel aja, kalo yang minjem gak tau gimana caranya meminjam barang dengan baik. Kitanya udah jaga barang kita dengan baik, eh malah orang lain yang gak menjaga. Mungkin solusinya cuma satu sih, terus terang aja. Tapi gimana lagi, ntar kalo terus terang malah kita yang dipikir pelit gak rela kalo dipinjem. Serba salah kan..

You Might Also Like

1 komentar

  1. Hmmm kalau saya jarang dipinjemin barang. Klo small stuff kyk barang2 kantor emg biasanya ga rusak ya. Tp klo barang2 pribadi sih jarnag yg minjem. Saya orangnya kejem2an aja. Jd klo ada yg mo minjem pasti saya wanti2 etikanya :)

    BalasHapus