Tour de Merapi

16.25


                                                                                               beberapa gambar di daerah Kaliurang, yang diambil sama teman saya
Happy New Year semuanya… Hehehehe telat ya ngucapinnya.. tapi gak apa-apa deh daripada gak ngucapin sama sekali kan.. Sebagai pembuka postingan di tahun 2011 ini, saya mau cerita nih kunjungan saya ke Gunung Merapi. Yup, pas tanggal 31 Desember kemaren, buat kegiatan di akhir tahun, saya sama temen-temen 1 ruangan sepakat buat jalan-jalan ke Kaliurang.. ya itung-itung refreshing setelah capek lembur selama seminggu. Dan untungnya kita juga diijinin sama big boss. Yipie deh, jadi seharian itu, kita full jalan-jalan, gak ngantor sama-sekali.
Setelah erupsi kemaren, ini pertama kalinya saya ke Kaliurang. Ya sebenernya, saya emang belum pernah sih ke Kaliurang (hihihi kebangeten ya, orang Jogja tapi belum pernah liat Gunung Merapi langsung di Kaliurang, habis biasanya saya paling pol, cuma kaliurang bawah, yg km 22).
Tadinya kita mau berangkat siang, tapi daripada kesiangan, akhirnya jam 10.00 kita berangkat. Awalnya sih perjalanan lancer. Tapi begitu sampai utaranya Cangkringan (saya gak tau nama daerahnya), kemacetan dimulai. Kita lupa, kalo tgl 31 kemaren, masih suasana liburan sekolah. Jadi kebanyakan sih penyebab macetnya mobil-mobil luar kota. Untung, kita gak terjebak macet lama-lama. Tapi emang jalannya mobil kita jadi pelan-pelan.
Kita cuma diijinin naik pake mobil ke batas tertentu (maaf gak menyebut daerah, soalnya saya gak tau). Tapi yang pasti masih jauh dari lokasi rumahnya Mbah Maridjan. Kalo pengen naik ke lokasi itu, kita harus naik ojek, soalnya jalannya gak memungkinkan kalo pake mobil. Penyebabnya sih, jalannya sempit, karena tanah di kanan-kirinya longsor. Tapi belum sampai atas aja, kita udah bisa ngliat pemandangan yang memprihatinkan. Rupanya erupsi kemaren gak cuma menyebabkan pohon-pohon kebakar, tapi juga menyebabkan rumah-rumah hancur. Kalo saya ngliatnya, kayak bekas kebakaran hebat. Pohon-pohon tumbang, daunnya udah gak ada. Belum lagi banyak rumah yang hancur. Kalo soal bau belerang, emang masih ada sedikit. Tapi udah gak menyengat lagi. O iya, ada lagi yang bikin heran. Ternyata gak semua daerah di Kaliurang kena dampak awan panas. Ada satu daerah yang baik-baik aja, meskipun beberapa meter dari situ, ada daerah yang udah luluh lantak. Mungkin kalau dipikir nalar, hal kayak gitu gak mungkin. Tapi emang kayak gitu kenyataannya. Gak jauh dari daerah yang kayak dilanda kebakaran itu, masih ada pohon-pohon yang hijau, gak kenapa-kenapa. Rumah-rumah di daerah itu juga masih berdiri dan kayaknya masih ditempati.
Setelah puas, kita beralih ke daerah apa ya, kalo gak salah sih gak jauh dari Watuadeg (hiks..hiks..lagi-lagi saya gak tau namanya). Katanya di daerah itu merupakan luapan kali (sungai) Gendol. Tadinya kita mau ke kali Gendol, tapi gak jadi karena terlalu jauh. Sepanjang perjalanan, kita serasa lagi ikut off road deh, habis jalannya masih jalan tanah yang belum diaspal. Jadi selama perjalanan kita diguncang-guncang. Setelah sampai tujuan, kita istirahat dulu di sebuah warung. Habis panas banget sih. Sementara, temen-temen saya sholat Jum’at, saya sama temen-temen yang cewek jalan-jalan ke sekitar warung. Lagi-lagi kita melihat pemandangan yang bikin miris. Kita serasa ada di padang opasir, kerna kemanapun kita ngliat, serasa ada di padang pasir. Pohon-pohon meranggas, rumah-rumah kekubur sampai separo. Batu-batu besar hasil erupsi juga banyak.. Bau belerang juga masih agak kuat di daerah ini. Tapi, lagi-lagi keagungan Allah, ada daerah yang baik-baik aja, hanya dibatasi oleh rumpun bambu sama sungai kecil.
Di daerah itu kita juga cuma sebentar. Karena udah siang dan makin panas. Meskipun Cuma sebentar, saya udah puas berkunjung ke sana. Menyaksikan langsung dampak erupsi Merapi, yang memang bikin miris. Semoga, ke depannya, bencana semacam ini nggak terjadi lagi ya.     

You Might Also Like

4 komentar

  1. happy new year..aku kemarin juga dari sana baca ini http://gerakankritis.blogspot.com/2011/01/lava-tour-melihat-kedahsyatan-merapi.html

    BalasHapus
  2. Hmmmm...
    Saya cukup melihatnya di TV... :)

    BalasHapus
  3. Pasti terharu ya melihat langsung kondisi desa di sekitar Merapi.
    Gak terbayang gimana perasaan mereka yang tinggal di sana dan skrg sudah khilangan tempat tinggalnya.

    BalasHapus
  4. @http://www.ayobaca.com... kalo melihat langsung, ngeri banget ya...

    @sikucingbi... awalnya saya juga ngliatnya di tv, baru sempet lihat langsung ya kemaren, itu aja belum semua

    @mbak zee...gak cuma terharu mbak, tapi juga prihatin.. untungnya sudah ada shelter-shelter buat dijadiin tempat tinggal sementara...

    BalasHapus