Makassar

09.14

Harusnya saya tulis di tahun lalu, tapi baru sempet sekarang deh...

Sekitar sebulan yang lalu, 3 kali saya bolak-balik ke Makassar... Biasalah ada tugas... Yang 2 kali, di kota Makassar-nya, yang sekali ke sebuah kabupaten yang jaraknya 2 jam perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin di Maros... Paling banyak jalan-jalannya sih ya pas di kunjungan pertama... Kalau yang kedua dan ketiga, karena keterbatasan waktu, nggak sempet kemana-mana... Jadi, cerita kali ini, banyak diisi oleh review hotel aja ya...

Makassar 1

Untuk tugas yang pertama ini, kita nginepnya di Hotel Aston Makassar. Hotelnya sendiri letaknya cukup strategis... Mau ke pusat oleh-oleh di Somba Opu, cukup jalan kaki, ke Losari, Benteng Fort Rotterdam dan Lapangan Karebosi juga bisa ditempuh dengan jalan kaki... Jadi, kemana-mana deket... Karena, udah ada rencana mau ke Trans Studio Makassar, kita ambil penerbangan pagi. Jadi sampai di Makassar siang-siang gitu...
Setelah makan siang, langsung deh berangkat ke Trans Studio Makassar... Karena hari Minggu, harga tiketnya jadi 175 ribu per orang... Tapi, karena ada poin Telk**sel, kita bisa dapet diskon, jadi per orangnya kena 135 ribu, lumayan kan... Begitu masuk, kok ya langsung masuk ke dunia lain. Temen-temen saya udah semangat tuh, masuk ke rumah hantu-nya... Berhubung, saya ini males buat ikutan, akhirnya jadi penunggu setia aja di luar... Sambil nunggu ternyata ada show, yang nyanyi-nyanyi gitu... Daripada bengong, ya udahlah nonton aja... Eh, selesai nonton, temen-temen saya yang di rumah hantu udah nyoba 2 wahana lain... tapi, saya nggak ngiri kok, lha wong nyali-nya ciut gini, jadi dipastikan dadah-dadah sama wahana semacam roller coaster dan wahana lain yang menguji nyali... Hahahaha, jadi ya, di TSM itu, dari sekian banyak wahana yang dimasuki, cuma sedikit yang saya berani naikin... Sebenernya rugi juga sih, udah bayar mahal-mahal, tapi kok ya nggak nyobain semua wahananya... Tapi, ya udah deh, karena yang terpenting buat saya adalah udah foto-foto... Buat bukti kalau udah nyampe TSM #cetekbener...

Untuk hotelnya sendiri, saya cukup suka... Alasannya sih karena letaknya strategis... Kamarnya juga lumayanlah, nggak sempit-sempit amat kalau buat sholat... Cuma sebelnya, lift-nya pakai sistem kunci... Jadi, kalau misalnya kamar kita di lantai 5, ya udah deh, cuma bisa ke lantai 5, sama lantai yang ada ruang sidangnya dan ke area kolam renang... Padahal kan kemaren saya juga butuh ke lantai lain... Kondisi kamarnya, kurang lebih kayak gini...

Jadi, dari kamar kita bisa ngliat kamar mandinya, soalnya kamar mandinya transparan gitu... Meskipun ada tirainya sih... Tipe kamar mandinya modern tanpa bath up.



Dapet kamar twin bed... Kasurnya kesukaan saya, yang nggak terlalu empuk...

Lampu di meja kerja-nya lucu deh.. cukup disentuh di bagian yang ada gambar tangannya, si lampu akan nyala... Buat meredupkan dan menerangkan juga cukup disnetuh... huhuhu pengen...
 Kolam renang di hotel ini ada di lantai 15 kalau nggak salah... Dan dari sisi kolam renangnya, karena transparan jadi kita bisa lihat pemandangan kota... Bukan cuma kolam renang, di lantai 15 itu juga ada tempat fitness, spa, sauna dan jacuzy air panas dan air dingin... Karena nggak bawa baju renang, jadi nggak bisa renang deh...

pemandangan saat leyeh-leyeh setelah jalan pagi...
 Karena letaknya strategis, setiap pagi saya bisa jalan-jalan ke lapangan karebosi, Benteng Rotterdam, sampai Pantai Losari. Ke Somba Opu juga deket. Mau ke supermaket deketnya ada Gelael... Jadi, yang butuh tempat nginep strategis, mungkin bisa nginep disini...

Makassar 2
Kali ini sebenernya saya nggak ke Makassar, tapi ke sebuah kabupaten yang berjarak 2 jam perjalanan dari Maros, yaitu di kabupaten Barru. Nah, pulangnya, nginepnya juga di Maros, tepatnya di hotel Ibis Budget, yang lokasinya di deket terminal keberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin. Rate per malam, sekitar Rp420.000,- , tapi tanpa sarapan. Kalau mau sarapan nambah Rp65.000,-... Cuma saya waktu itu milih sarapan di luar aja... Soalnya di sekitar situ kan banyak tempat makan, ada KFC, AW, Solaria... Jadi masalah makanan nggak perlu khawatir deh...

Tipe kamarnya, cuma dibedain dengan jenis bed-nya aja, King bed  dan twin bed. Namanya juga hotel budget, jadi kamarnya kecil... Kamar mandinya dipisah dua. Area shower sendiri, area toilet sendiri. Wastafel di luar... Lemari juga nggak ada. Tapi, kalau buat tidur semalem, lumayanlah..

Karena penerbangan pulang di sore hari, jadilah sesiangan kita main dulu. Pakai mobil carter bareng temen-temen saya. Yang pertama, kita ke makam Pangeran Diponegoro. Bayangan saya awalnya sih, kayak Makam Taman Pahlawan yang gede dan luas dan ada monumennya. Ternyata saya salah. Komplek pemakamannya kecil, ada rumah juru kuncinya juga di dalamnya. Dan di situ, ada makan istri, putra-putri, keturunan dan pengikutnya Pangeran Diponegoro... Nggak lama kita disana, karena rute selanjutnya adalah Benteng Somba Opu...

Karena ternyata ya letak benteng ini ada di tengah perumahan, awalnya kita nggak nemu-nemu... Mana sopirnya juga lupa jalan ke sana #tepokjidat... Akhirnya dengan kekuatan GPS, sampai juga kita ke sana... karena kelamaan nyari jalan, makanya kita nggak bisa lama-lama... Padahal kompleks benteng itu luas lho, meskipun yang tertinggal cuma puing-puingnya aja... Kalau sekarang sih malah ada bangunan rumah adat Sulawesi di sana... Temen saya yang akhirnya berhasil muterin Benteng Somba Opu itu...
Musemum yang saya lupa namanya... Yang lantai 2 lagi di renovasi, tapi lantai 1 masih bisa buat diliat-liat... Isi museumnya adalah batu-batu bangunan benteng, uang kertas RI dari jaman Belanda, dan peta benteng.

ada di depan Museum

Sedikit penjelasan tentang Benteng Somba Opu

ini lho peta bentengnya. Letaknya ada di langit-langit. Jadi kalau mau lihat ada dua cara, yang pertama mendongka langsung, yang kedua lewat cermin. Jadi di bawah peta itu ada cermin besar, untuk melihat peta itu...

Sisa-sisa reruntuhan Benteng Somba Opu

Karena udah terlalu siang, akhirnya rombongan balik ke bandara, dengan mampir dulu ke Jl. Somba Opu buat beli oleh-oleh...

Makassar 3
Kali ini, kita nginepnya di Hotel Grand Clarion... Waktu itu sih, kita dateng malem alias sampai Makassar jam 11 malem... Karena, seharian nggak nonton berita, makanya kaget pas liat antrian kendaraan di depan SPBU. Ternyata besoknya, harga BBM udah naik... Karena, kenaikan BBM ini, makanya di Makassar ada demo... Demo-nya pun deket sama hotel, karena hotel Clarion ini, deket sama UNM. Makanya, di sana nggak kemana-mana, cuma ke Jl. Somba Opu buat nyari oleh-oleh (sekaligus faktor, cuma 3 hari juga sih).

Kalau di hotel Clarion, kayaknya saya nggak foto-foto deh... Tapi secara umum, hotelnya kan hotel yang lama, tapi ternyata ada bangunan baru-nya juga... Dan, saya udah nyobain dua-duanya, baik di gedung lama maupun di gedung baru... Yang jelas, hotelnya ramai sekali...

Akhirnya, dengan malas-malasan, selesai juga ceritanya... Daripada di draft terus, akhirnya saya paksa biar selesai deh ceritanya...

You Might Also Like

0 komentar