Aku Luluuussss part 2

08.47

Akhirnya hari Jumat tanggal 24 April dateng juga. Anehnya sih saya gak ngrasa apa-apa. Kalo temen saya, malemnya gak bisa tidur terus paginya gak bisa makan, kalo saya tetep aja tidur nyenyak sama bisa makan banyak. Hehehe aneh ya. Anomali beneran. Biasanya orang mau sidang kan deg-degan, tapi ini gak ngrasain apa-apa. Soalnya deg-degannya udah seminggu sebelumnya. Padahal kalo tau ya, saya belum khatam belajar, masih belum paham semuanya tapi kayaknya bener kata Pak Sumiyana, banyakin berdoa aja.
Hari Jumat saya udah dateng satu jam sebelumnya. Belum pake rok item, masih pake celana. Habis malu diliatin di jalan. Bau ganti pake rok itemnya di kamar mandi kampus. Habis ngambil kartu ujian, saya sama temen saya ke ruang sidang deh. Ternyata belum ada siapa-siapa, masih kosong dan terkunci. Tapi saya dapet kejutan pagi itu. Dosen pengujinya diganti satu.
Karena saya dapet giliran kedua, ya saya nyantai-nyantai aja. Belum nyiapin apa-apa. Pas ketiga dosen dateng, saya juga masih nyantai. Di pikiran saya, kan saya bukan yang pertama. Pas jam 8 lewat 15 menit, bu dosen keluar manggil yang mau diuji. Eh gak taunya saya dapet giliran pertama (hiks hiks curang, kan saya belum siap). Ya udah, dengan berdoa sebisanya saya masuk. Pas di dalem, saya disuruh cerita dulu tentang skripsi. Tentang judulnya, latar belakang, alasan ngambil judul itu dll. Belum selesai, udah dipotong, ditanyain sama pak dosen penguji 1. Tadinya saya denger kabar, pak dosen penguji 1 ini orangnya pendiem, tapi ternyata saya salah. Begitu saya selesai jawab, bapaknya selalu udah siap buat nanya lagi. Jadi kayak diberondong pertanyaan. Habis ditanyain sama pak dosen 1, saya ditanyain sama bu dosen. Lumyan lancar sih. Setelah 15 menit akhirnya selesai. Gantian temen saya yang masuk buat pendadaran.
Setelah temen saya selesai pendadaran, harusnya kan giliran mas-mas yang ngulang kompre, tapi orangnya belum dateng. Jadi ya udah akhirnya saya masuk duluan. Di dalem, saya disuruh milih mau ditanyain apa dulu. Saya sih jawabnya terserah. Eh gak taunya pertanyaan pertama dari pak dosen 1 tentang TA. Di luar dugaan nih, kan skenarionya, yang tanya TA itu pak dosen pembimbing saya. tapi ini di luar skenario. Pertama saya ditanyain cash toward accrual basis. Coba jawab ternyata salah. Habis itu ditanyaain contohnya. Tapi saya salah lagi. Habis itu ditanyain tentang pengakuan dan penilaian. Lumayan agak bisa jawab. Habis itu tentang current cost sama current value. Yang ini saya juga gak bisa jawab. Habis itu tentang utang kontingensi. Gak bisa jawab juga. Ya udah pak dosen 1 berhenti. Kayaknya nyerah, nglihat saya gak bisa. Akhirnya gantian bu dosen tanya tentang audit. Mulai dari hubungan bukti, risiko sama materialitas. Habis itu beda strategi audit sama teknik audit. Terus tentang test of control sama subtantive test. Terus tentang working paper. Giliran pak dosen pembimbing, saya cuma disuruh cerita tentang transfer pricing. Ya udah, akhirnya selesai. Cuma 20 menit. Tapi koq kayaknya lama banget.
Sampe di luar saya nangis, gara-gara gak bisa jawab TA. Di pikiran saya, ya udah siap-siap deh buat kemungkinan terburuk. Ternyata temen saya juga dapet pertanyaan yang sama. Tapi dia lebih lumayan daripada saya.
Setelah nunggu mas-masnya kompre (akhirnya dateng juga), akhirnya kita bertiga disuruh masuk. O iya sebelumnya Kajur kita masuk deh. Jadi di ruang itu ada 4 dosen. Yang ngumumin hasilnya pak dosen pembimbing saya, soalnya pak dosen 1 ngobrol sama kajur. Katanya pak dosen pembimbing saya kalo masuk bertiga gini, kemungkinannya cuma 2, lulus semua ato gak lulus semua. Habis itu kita dibagiin kartu ujiannya. Mulai dari sebelah kanan saya, si mas itu, pak dosen pembimbing saya bilang kamu bisa pulang ke Subang. Habis itu bilang ke saya, silahkan cari kerja. Habis itu buat temen saya ada pesen khusus. Masih gak ngeh nih. Lulus ato gak. Kalo pendadaran sih udah jelas lulus. Kan sebelum kompre udah ditanyain. Waktu saya tanya, kita lulus pak, dijawab iya sama bapak. Horeee lulus juga. Gak nyangka sama gak percaya. Soalnya saya kan gak bisa jawab. Bener-bener gak percaya.
Akhirnya status saya berubah deh. Bukan mahasiswa lagi, tapi fresh graduate (ngelesnya). Seneng sekaligus sedih. Soalnya udah gak berstatus mahasiswa, alias udah makin tua. Tapi meskipun udah lulus gini, perjuangan masih belum berakhir. Harus cari kerja nih...

You Might Also Like

1 komentar

  1. selamat ya.
    akhirnya perjuangan itu gak sia-sia... :)
    sekarang saatnya perjuangan yg lain..

    BalasHapus