Aku Luluuuussss part 1

07.59

Finnaly, setelah berjuang selama 35 menit (15 menit pendadaran sama 20 menit kompre) akhirnya saya dinyatain lulus juga. Kalo ditanya gimana rasanya, saya bingung mau jawab apa. Seneng, jelas; bersyukur, pasti dong... sama satu lagi gak percaya. Kenapa gak percaya? Ya soalnya saya sendiri juga masih heran koq bisa ya dinyatain lulus, padahal ada 3 pertanyaan yang sama sekali gak bisa saya jawab. Fatal kan. Tapi Alhamdulillah, saya dinyatain lulus juga. Ada lagi sih yang bikin saya gak percaya kalo udah lulus, prosesnya. Meskipun di awal, kayaknya banyak banget masalahnya, tapi saya berhasil juga. Proses disini gak cuma waktu ujian aja sih, tapi juga pas bikin skripsi. Meskipun awalnya kaco balau, tapi ya jalan-jalan aja sih.
Sebelum ngomongin 2 ujian itu, saya cerita dulu ya tentang skripsi saya. Awalnya sih bulan Desember, karena ajakan temen saya, akhirnya saya skripsi informal juga sama satu dosen. Tapi sebelum ngadep beliau, saya coba cari-cari judul di perpus. Maksudnya mo cari skripsi yang gampang aja. Males kalo susah-susah hehehe. Ya udah deh akhirnya nemu judul yang menurut saya pas, akhirnya saya ngadep ke beliau. Setelah ditanya-tanyain, judul saya gak disetujui. Alasennya, kondisi pasar modal sepanjang 2008 kacau banget. Makanya gak bagus buat penelitian. Karena saya tetep pengen skripsi tentang harga saham, akhirnya dosen pembimbing saya ngasih usul judul disuruh cari keterkaitan kejatuhan harga saham di NYSE akibat kebangkrutan Lehman Brother dengan harga saham di Indonesia. Ya udah akhirnya saya menyanggupi deh. Dimulailah petualangan saya nyari jurnal-jurnal pendukung. Awalnya susah banget dapetnya. Baru nemu jurnal tentang interdependensi antar pasar saham. Tapi waktu saya baca suatu jurnal saya nemu yang namanya fenomena contagion effect. Dan fenomena itu cocok banget sama topik saya. Akhirnya saya mulai buat bab 1,2 sama 3 sekaligus. Terus diserahik ke bapaknya. Waktu itu masih kaco balau banget. Makanya banyak revisinya. Termasuk ganti judul (judul bukan topik) sama sampel (harus masukkin Hong Kong sama 5 negara Asia Tenggara). Akhirnya skripsi saya ganti nama juga, jadi "Analisis Contagion Effect atas Kejatuhan Lehman Brother Holding Inc terhadap Bursa-Bursa Saham di Asia Tenggara".
Bulan Februari, saya berhenti buat ngerjain skripsi. Soalnya pas sama UAS plus KRS-an. Jadi ya udah saya bener-benr gak nyentuh. Takutnya kalo saya udah mulai ngolah data, ternyata saya gak dapet dosen formal sama Dosen saya itu (dapet info dari temen lain sih, katanya ada pembatasan mahasiswa bimbingan buat tiap dosen). Jadi saya malah mulai cari judul baru. Buat jaga-jaga, siapa tau gak sama Dosen saya. Sampe Maret, saya bener-bener belum ngapa-ngapain. Soalnya nunggu pengumuman dosen tetap. Akhirnya pengumumannya keluar juga dan saya tetep dapet dosen pembimbing saya. Jadi ya saya nglanjutin deh skripsi itu. Perjuangan dimulai. Buat ngejar nyelesaiin bab 4 sama 5. Apalagi, temen saya udah selesai duluan. Dia ngejar pendadaran bulan April. Ya udah deh akhirnya saya mulai berjuang. Akhirnya pas tanggal 30 di-acc juga. Jadi tanggal 31 Maret (hari terakhir pendaftaran pendadaran sama kompre) saya bisa daftar. Udah beres? Ternyata belum. Saya masih harus revisi lagi, bikin abstraksi sama ngeprint. Dan pas saya ngeprint, tinta printer saya habis, kertasnya juga, jadi saya harus cari rental. Tapi akhirnya beres juga. Dan saya bisa daftar di hari terakhir itu.
Udah beres masalah skripsi, sekarang saya harus siap-siap buat ujian pendadaran sama kompre bulan April. Mulai belajar. Meskipun cuma 3 mata kuliah yang diujiin (teori akuntansi, audit sama sistem pengendalian manajemen) tapi tetep aja berat. Ngapalinnya banyak. Mulai deh belajar kelompok, ikut simulasi sama dosen. Tapi pas simulasi itu, saya ngarasa oon banget. temen-temen saya yang lain kayaknya udah siap banget. Sedangkan saya, koq gak ngerti apa-apa ya. Habis mau gimana lagi, belajar kayaknya gak masuk-masuk. Tapi ya saya tetep usaha. Pokoknya harus baca.
Setelah simulasi sama dosen lain, giliran saya sama 3 temen saya yang satu bimbingan, simulasi sama dosen kita. Buat simulasi pertama, masih simulasi pendadaran. Sore-sore gitu, kita berempat ditanyain satu-satu. Tapi masih banyak salahnya, alias belum siap. Disuruh belajar lagi deh, sama dikasih pertanyaan buat kompre. Seminggu lagi kita disuruh ngadep. Pas simulasi kompre (simulasi kedua) kita disadarin deh sama Bapaknya, kalo kita masih kurang berdoa. Nasehat yang berharga banget yang saya inget, pendadaran itu cuma 2 hal doa sama mental. Jadi kita harus banyak berdoa. Hihihi jadi malu. Bapaknya tau aja, kalo doa kita masih asal-asalan.
Setelah minggu kedua, udah lumayan, belajar buat TA. Dan akhirnya, tanggal 15 jadwal pendadarannya keluar. Gak tau harus komentar apa, saya sama temen saya dapet jadwal tanggal 24 April.  Agak lega juga, soalnya masih ada waktu seminggu, buat belajar. Kan masih belum khatam audit sama spm.
(to be continued)

You Might Also Like

0 komentar