(Serasa) KKN Lagi

09.21

Seminggu yang lalu, adik kelas saya yang lagi KKN, minta bantuan buat ngajarin pembukuan buat warga desa tempatnya KKN. Awalnya sih males, soalnya tempet KKN-nya jauh. Di deket Prambanan. Tapi akhirnya setelah berpikir-pikir, ya udah deh akhirnya mau.Sayagak sendiri, tapi sama temen satu lagi. Ya maklum, saya gak bakat ngajar. Kan kasian ibu-ibunya ntar.
Kata adik kelas saya itu, di sana ada usaha mikro berupa pembuatan emping garut. Usaha emping garut itu merupakan usaha sampingan ibu-ibu di sana. Nah si ibu-ibu itu minta tolong diajarin sistem pembukuan yang lebih sistematis, biar ada kejelasan aliran duitnya.
Ya udah sesuai kesepakatan, kita ngajarinnya hari Rabu kira-kira habis Ashar. Berhubung saya sama temen saya gak tau lokasinya, akhirnya kita minta dijemput deh. Hari Rabu, jam dua lebih akhirnya kita berangkat. kalo perjalanan antara Jogja-Prambanan sih masih lumayan lancar. Tapi kita gak sampai Prambanannya, kita belok di jalan mau ke Piyungan. Dari situ, pemandangannya bagus. Kiri-kanan jalan terhampar sawah luas. Udaranya juga sejuk gak panas. Ternyata jalan ke lokasi KKN-nya lumayan jauh juga.
Akhirnya kita berhenti juga. Saya pikir udah nyampe. Soalnya ada tulisan pondokan KKN. Ternyata belum. Itu sub unit yang lain. Tapi yang bikin saya terkaget-kaget nih, ternyata lokasi KKN mereka tu di rumah dome yang anti gempa itu lho. Masih inget kan gempa jogja 3 tahun lalu. nah ada suatu daerah, yang dijadiin proyek percontohan buat rumah tahan gempa. Ternyta lokasi KKN-nya di daerah proyek itu.
Wah udah kayak orang desa yang belum perah lihat nih (emang belum pernah lihat). bentuk rumahnya tu kayak rumah teletubbies, yang kayak kubah itu lho. Habis itu, rumah-rumah itu ditata kayak di kompleks gitu. Makanya keren banget. Tapi saya gak sempet foto, soalnya gak bawa kamer. Padahal bagus banget. Makanya gambarnya saya cari di google. Eh ketemu deh di situsnya anak-anak KKN unit itu. Nih gambarnya.

Gambar ini saya ambil dari sini
Keren banget kan. Tapi ternyata, bukan di situ lokasi ngajar saya. Kata adik kelas saya, masih naik lagi. Ya udah kita jalan lagi. Tadinya saya pikir, yang dimaksud naik tu cuma agak di atas. Tapi ternya, bener-bener kayak naik gunung. Jalannya aja miringnya lebih dari 45 derajat. Kalo gak ati-ati bisa jatuh. Mana lumayan jauh lagi. Akhirnya setelah berjuang ngelwatin jalan mring itu,kita nyampe juga.
Nyampe di sana, kita sholat dulu baru ngajar. Ada sekitar 10-an ibu-ibu. Ya udah, mulai deh sok-sokan ngajar. Gak taunya, mereka tu sebenernya udah nerapin sistem yang kita ajarin. Tapi merekanya aja yang gak pede. Setelah dijelasin dikit, ya udah akhirnya mereka paham.
Selesai ngajar kita gak langsung pulang, tapi ngobrol-ngobrol dulu. habis maghrib baru deh pulang. Berhubunga kasihan sama yang nganterin, begitu nyampe bawah, kita bilang kalo mau pulang sendiri. gak usah dianterin.
Kayaknya gara-gara kita terlalu sok tau, yang ada nyasar deh. Mana nyasarnya jauh banget. Kita nyasar sampe Candi Prambanan. Mana pas itu udah malem. Tapi untungnya kita tetep berhasilnyampe rumah. Meskipun jadi lama.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Huehuee.e...
    waduh nyasar sampe jauh. Pasti deh pusing plus bete jg krn da nyasar jauh.
    Jd ingat saya wkt KKN dulu. Pilihnya yg deket dari rumah, hahahaa.... sama aja ya, itu mah bukan kkn namanya.

    BalasHapus