Apa Kabar Etika dalam Berkendara

15.38

Kesel gak sih, kalo lagi enak-enaknya naik motor, tiba-tiba kita disalip orang dengan cara yang amat sangat ngawur lagi... Kalo saya keselnya nyampe ubun-ubun. Gimana gak, orang yang nyalip sembarangan itu kan bisa membahayakan nyawa orang lain bukan nyawa dia sendiri aja.
Bukan sekali dua kali saya ketemu hal kaya gitu di jalan. Hampir setiap hari. Apalagi kalo udah sore, jamnya orang pulang kantor dana mahasiswa pulang kuliah. Bisa dipastiin, makin banyak aja orang yang tiba-tiba nggak punya etika dalam berkendara di jalan raya. Dan agak sialnya nih, saya sering mendapat perlakuan seperti itu (disalip secara ngawur) sama pengendara lain.
Saya akui sih, sebenernya baru 7 bulan ini baru lancar naik motor. Soalnya sekarang kalo berangkat kerja disuruh naik motor sendiri. Jadi mau gak maulah naik motor buat berangkat kerja. Sebagai pengendara motor baru, yang belum mahir banget, saya selalu ati-ati banget di jalan. Kecepatan di speedometer paling pol 50 km/jam (hihihi...lambat banget ya). Saya kapok ngebut. Habis udah dua kali saya kena batunya gara-gara ngebut. Yang pertama jatuh dari motor, di tengah jalan pula terus diliatin banyak orang (malunya itu lho). Yang kedua, saya nyerempet mobil orang, yang bikin catnya kegores terus tu orang minta ganti rugi (tapi akhirnya gak jadi, kapan-kapan saya ceritain bagian yang ini). Dan semua itu terjadi gara-gara saya sok-sokan ngebut. Makanya sekarang, saya udah gak mau ngebut lagi. Kecepatan rata-rata yang saya pakai adalah 40 km/jam. Gak peduli deh mau dibilangin lama. Yang penting kan selamat.
Ok, balik lagi. Gara-gara saya naik motor dengan pelan, makanya saya sering disalip. Padahal ya, saya naik motor pelan, selain karena alasan keselamatan juga karena gara-gara jalannya macet. Biasa kan kalo jam pulang kantor tu rame banget. Tapi yang bikin heran, udah tau macet, udah tau rame, kok ya masih pada gak sabaran. Pengen cepet-cepet. makanya mereka asal main terobos sana terobos sini. Dan akhirnya yang kena korban, ya pengendara lain yang jadi kaget.
Saya pernah baca dari sini kalo egoisme orang cenderung menjadi tinggi ketika ada di jalan raya. Yup, saya rasa artikel itu bener banget deh. Ketika jalan macet, orang udah gak peduli lagi sama keselamatan orang lain. Mereka akan cenderung main serobot, motong jalur seenaknya, mainin klakson yang ngagetin orang lain dll..
Terus, gimana dong dengan etika berkendara. Bukannya setiap orang yang punya SIM dianggap sudah memahami aturan lalu lintas, sehingga memiliki etika dalam berkendara. Tapi, ternyata yang ada di lapangan, justru malah sebaliknya. Orang seperti gak punya etika lagi. Yang penting dia bisa berkendara dengan cepat dan lancar. Orang lain harus ngalah, biar dia bisa lewat dengan cepat (emang dia pejabat ya yang harus didahulukan).
Masih banyak sih unek-nek saya. Tapi bingung nulisnya. Jadi itu dulu aja deh...

You Might Also Like

2 komentar

  1. itu yang bikin saya sampe sekarang ngga berani naik motor hehe... dulu sekalinya bisa, sempet jatuh dan malah diketawain orang2, pada ngatain perempuan ga usah sok2an naik motor. abis it langsung ciut deh sampe sekarang hehe...
    Biar aja jalan pelan disalip orang, yang penting selamat :)

    BalasHapus
  2. saya juga dulunya gak berani naek motor mbak...baru setelah kerja, saya jadi berani..itu aja karena kepepet sama kondisi (gara-gara gak ada angkot, bikin saya harus naek motor sendiri)

    Yu, saya setuju banget...mending pelan-pelan asal selamet hehehe...

    BalasHapus