Hujan Abu

17.56

Tanggal 26 Oktober kemaren Gunung Merapi akhirnya membuat kejutan dengan tiba-tiba mengeluarkan awan panas (wedhus gembel).Banyak korban yang berjatuhan, karena mereka nggak sempat ngungsi. Soalnya letusan itu emang mendadak banget. Kita aja yang penduduk jogja juga gak bakal ngira, kalo Merapi bakal meletus secepat itu. Meskipun juga udah ada pemberitahuan sih. Pas, merapi meletus, saya masih ada di kantor. tapi udah mau pulang sih. Dan waktu saya pulang itu, langitnya udah mendung tebel, terus gak lama malah ujan gedebanget...
Hari sabtu-nya, jam 1 dini hari, Merapi meletus lagi. Kalo letusan sebelumnya, abu Merapi ke arah barat sama timur, kali ini abu merapi berhembus ke hampir seluruh wilayah Jogja. Gak cuma di Sleman, tapi juga sampai wilayah kota Jogja, Bantul sama Kulon Progo. Bahkan menurut temen saya, sampai ke ujung selatan jogja alias sampai pantainya. Jadi begitu pagi, halaman rumah, udah dipenuhi debu tipis warna putih. jadi kayak musim kemarau yang gersang banget.
Hujan abu-nya ternyata gak berhenti sampai agak siangan. Pas saya keluar siang-siang, wow pemandangan yang terlihat adalah putih dimana-mana. Bener-bener keliatan gersang banget. Abu-nya lumayan tebel sih. belum lagi, abu itu bikin sesak nafas. Jadi, kalo mau keluar rumah, wajib pake masker.
Hujan abu ini kayaknya sih emang cuma 2 hari. Tapi efeknya masih sampai sekarang. Di kantor saya aja, semuanya tiba-tiba jadi putih (kebetulan kantor saya sampai merapi berjarak 20 km). Meskipun udah dibersihin, tapi tetep aja, susah ilangnya...belum lagi, lantai jadi licin banget plus nafas juga jadi agak sesak.
Gambar akibat hujan abu bisa dilihat disini ya...

You Might Also Like

2 komentar

  1. Meletusnya merapi meskipun jauh tapi efeknya luar biasa ya, terutama masalah kesehatan karena mata dan nafas jadi sesak.
    Padahal saya tadinya mau liburan ke sana lho... jadi takut :D.

    BalasHapus
  2. Liburaanya di-pending aja mbak...setelah Merapi reda, jogja aman kok..

    BalasHapus