Balada Memilih Mangga

12.14

Udah musim mangga lagi... Sayang pohon mangga di depan rumah belum berbuah. Tapi kalau yang di belakang rumah udah dong. Sayangnya masih dikit, nggak nyampe panen raya kayak di rumah nenek saya. Dulu kalau di rumah nene saya, kalo lagi musim mangga, sampe enek sama mangga. Soalnya pohon mangga di depan rumah nenek saya, kalau lagi musim, berbuah banyak. Mana mangganya manis-manis, soalnya jenis mangga arum manis. Udah gitu gede-gede buahnya. Sayangnya sekarang si pohon mangga kayaknya udah capek deh berbuah. Sekarang, kalau musim mangga gini, mangganya cuma sedikit. Sedih, nggak dapet mangga gratisan lagi....
Minggu lalu pas jalan-jalan ke supermaket, berdua sama adik saya, ketemulah sama hamparan mangga (hihihi lebay ya, tapi saking banyaknya sih). Kita berdua sebagai penyuka mangga, jadi ngiler deh. Mana nggak cuma 1 jenis lagi, tapi ada beberapa jenis. Kita berdua dengan soknya, coba-coba mau beli nih. Mlipir ke stand mangga harum manis, tapi adik saya bilang udah bosen. Dia lagi pengen mangga madu. Ya udah, pindah ke stand lain. Tapi dicari-cari mangga madu kok nggak ada ya. Adanya mangga manalagi. Sama nggak ya dua jenis mangga itu, dari baunya sih sama. Ya udah deh, kita akhirnya nyoba milih. Tapi... milih mangga yang mateng itu gimana sih? Kan kita berdua nggak ada pengalaman... namanya juga 2 anak sotoy, nggak ada yang ahli milih mangga yang masak itu gimana. Ternyata, milih mangga aja bikin pusing ya. Meskipun akhirnya, agak asal milih dengan pedoman "mangga yang masak itu yang pori-porinya besar". Akhirnya kita berhasil membawa pulang 3 jenis mangga. Mangga budi raja, mangga manalagi sama mangga madu. Soal manis atau nggaknya, hehehehe dari 5 mangga yang dibeli, kayaknya yang manis cuma 1, yang dua agak hambar rasanya, yang 2 belum dicobain..
Gara-gara kejadian kemaren, saya  mau nyoba ngringkes jenis-jenis mangga, sama tips milihnya. Tapi soal tips-nya saya nggak bertanggung jawab ya, valid atau nggaknya. Soalnya cuma hasil ringkesan dari blog lain.

Jenis-jenis mangga...
1. Mangga harum manis
Diebut gitu, ya karena rasanya yang manis sama baunya yang harum. Udah terkenal banget ini mangga.
2. Mangga raja
kemaren saya nyoba beli mangga ini. Kalau di supermaket disebutnya mangga budi raja. Kalau saya sih lebih seneng aromanya mangga ini daripada harum manis. Seratnya juga lebih banyak, lebih gede-gede. Rasanya, kalau yang biasa saya coba, agak-agak asem manis gitu. Saya malah suka, soalnya saya nggak begitu suka, mangga yang manis banget. Nah di belakang rumah saya, kayaknya si mangga raja ini.
3. Mangga manalagi
Kayaknya sama sih, sama mangga madu. Tapi yang di rumah belum dicobain. emaren mangga madu yang saya beli, kayaknya salah deh.
4. Mangga gedong gincu
Kalau penampakannya sih, mangga ini kulitnya kuning, terus warna buahnya oranye gitu. Tapi belum pernah nyobain. Jadi nggak tau rasanya.
5. Kweni
Eh, kweni termasuk mangga kan. Saya nggak suka sama mangga ini. Baunya terlalu menyengat. Makanya saya kurang suka.

hehehehe, kurang valid ya. Itu belum semuanya ya. Kayaknya masih banyak jenis mangga yang lain. Tapi udah capek nulisnya. Kalau gini, keliatan ya, buah-buahan Indonesia itu variasinya banyak banget.
Nah, sekarang saatnya tips memilih mangga. Kalau dari ilmu sok tau saya, setau saya milih mangga yang manis itu ciri-cirinya:
1. Pori-porinya gede
2. baunya harum
3. dagingnya empuk, jadi kalau ditekan keliatan empuk.
4. jangan milih yang terlalu lembek, soalnya biasanya busuk.

Kayaknya, cuma bisa ngasih tips itu deh. takutnya malah nambah menyesatkan, hehehehe. tapi kira-kira gitu ya....

You Might Also Like

3 komentar

  1. Saya tak begitu suka kweni, karena baunya terlalu tajam. Sukanya mangga harum manis, itu sedaaapp banget.
    Di Jakarta ini mangga bertaburan, sementara di Medan, kebalikan. Kweni bertaburan dan harganya pun murah banget jadinya dibanding mangga.

    BalasHapus
  2. mangga harum manis emang enak, tapi kalau saya, sukanya yang masih "mengkel" istilahnya...alias nggak terlalu mateng...lagi seneng sama mangga raja, soalnya rasanya nggak terlalu manis, jadi agak asem-asem gitu...mangga yang terlalu manis, saya malah nggak suka...

    BalasHapus