Ke Gorontalo.....

06.10

Sekali lagi saya menginjakkan kaki di tanah Sulawesi. Nggak kerasa, udah setahun aja, sejak saya kesana, November tahun 2010. Masih inget kan cerita saya pas ditugaskan ke sebuah kabupaten bernama Luwu Utara, di propinsi Sulawesi Selatan. Nah untuk tahun ini, saya pindah ke propinsi lain. kebalikan dari tahun lalu, kali ini gantian saya ke Sulawesi bagian utara, yaitu ke sebuah propinsi yang cukup baru bernama Gorontalo. Lagi-lagi dan masih dalam rangka tugas kantor.  

Seharusnya saya kebagian tugas di sana, kemaren pas bulan Juli. Tapi untungnya ya waktu itu masih bisa menghindar, dengan alasan laporan tengah tahun, terus disambung ada diklat (curcol dikit, kebiasaan saya yang agak buruk, tiap mau ditugasin ke luar pulau apalagi yang jauh-jauh gitu, saya jadi takut duluan, mbayanginnya udah serem, makanya saya biasanya menolak, intinya nawar terus. Sukur-sukur ditugasin di Jawa aja). Waktu itu masih bisa bernafas lega secara saya pikir, nggak mungkin lah ditugasin ke sana lagi. Huhuhuhuhu tapi ternyata saya salah. Kemaren awal September, jadwal tugas ke luar turun, dan nama saya ada di daftar rombongan yang berangkat ke Gorontalo. Sebelnya lagi, temen saya yang tadinya ngegantiin saya buat ditugasin ke Gorontalo, eh malah gantian dapet tugas di Jogja. Tukeran ceritanya, dan dia sukses ngetawain saya. Huhuhu, jadi selama 3 minggu sebelum keberangkatan itu, saya malah jadi cemas sendiri. Mana ditakut-takutin duluan sama temen saya tadi. Dan sekarang nggak ada alesan buat nolak, mau nggak mau harus berangkat. Untungnya nggak sendiri, tapi berangkat bareng tim. 1 Tim itu kita berenam.

Setelah pusing nggak dapet-dapet tiket pesawat sesuai keinginan (karena semua maskapai tiba-tiba jadi penuh, gara-gara ada event Hari Pangan di Gorontalo), akhirnya dapet juga. Hari minggu kemaren 1 rombongan, berangkat ke sana. Rutenya kalau dari Jogja adalah Jogja-Makassar disambung Makassar-Gorontalo. Bayangin aja jauhnya. Belum lagi, kita harus ganti maskapai di Makassar, padahal kan bawaan kita berat dan banyak banget (kita ya bukan saya. Saya sih cuma bawa 3 tas aja hehehehe. 1 tas ransel, 1 tas jinjing dan 1 messsenger bag, dikit kan).

Perjalanan Jogja-Makassar ditempuh delama kurang lebih 2 jam. Sampai sana, ambil bagasi, keluar bandara terus check in lagi (mau check-in lagi aja, harus keluar bandara dulu). Kita harus transit selama 3 jam. karena nggak mungkin keluar dari bandara, makanya kita isi waktu dengan .......foto-foto....hehehehehe.. Ternyata teman-teman 1 tim saya adalah orang-orang yang narsis hahahahaha. Sampai ada yang bawa kamera gede yang profesional itu lho. Jadinya nggak kerasa juga sih nunggu selama 3 jam itu.

Penerbangan selanjutnya ke Gorontalo dari Makassar ditempuh kurang lebih 1jam saja. Dan saya sempet jepret-jepret pemandangan dari atas..Pulau Sulawesi kan masih banyak hutannya, jadinya indah banget kalau dilihat dari atas, lautnya juga bagus banget. Biru agak keijo-ijoan gitu.....

Begitu mendarat, agak kaget, bandaranya kok sepi banget. Masak pesawat yang mendarat cuma 2, pesawat lain nggak ada. Tapi jadi maklum sih, kan masih propinsi yang terhitung baru. Udah gitu, udaranya panas banget. Tapi setelah masuk mobil jemputan, tiba-tiba mendung. Agak deg-degan, soalnya temen saya cerita, ati-ati kalo hujan, soalnya airnya bisa jadi keruh. Yaahhh, kalau sampai hujan, terus airnya keruh, masak nggak mandi sih.

Perjalanan ke tempat kita nginep, ditempuh selama 1 1/2 jam. Lama ya, soalnya tempat kita nginep ada di kaki bukit. Untung jalannya alus (soalnya jalan-jalan diperbaiki karena wapres mau dateng buat event HPS itu, hihihihi, kita jadi ikut seneng deh, karena jalannya jadi alus). Dan hari pertama di Gorontalo, saya lewatkan dengan..... tidur, hahahahaha (males mau jalan-jalan, lagian drivernya juga nggak mau, jadi kita menghabiskan waktu di mess saja deh). Ngantuk plus capek dan pegel-pegel badan saya, gara-gara bawa dokumen yang segambreng (padahal saya cuma bawa baju dikit, lha cuma 4 hari kok).

Paginya, karena ada yang mau benerin kacamata, kita ikut sekalian buat jalan-jalan. Ya kan acaranya alias kerjaannya dimulai siang, jadi pagi itu kita free. Pertama, kita ke kota, nyari optik. Karena nggak bisa ditunggu, kita tinggal si kacamata di optik. Sama si driver, dianterin ke Pusat Perdagangan buat cari oleh-oleh. Di Gorontalo ini, yang khas katanya adalah bordir karawang, jadi kita mau cari itu buat oleh-oleh. Di pusat perdagangan, kita cuma masuk ke 3 toko aja. Lagian harga sepotong kain berbordir lumayan mahal. Kain atasan dari bahan tafeta, harganya 225ribu, dan setelah ditawar jadi 175ribu. Kalo kain setelan lebih mahal lagi, bisa sampai 300 ribu.

si bentor

Awalnya udah males mau beli, nggak ada yang tertarik. Tapi saya langsung jatuh cinta sama kain warna ungu, dengan bordir ungu juga. warna ungunya bagus sih. Akhirnya saya jadi mborong 2 kain ditambah 1 kerudung. Bagus-bagus deh. Berhubung temen-temen yang cowok nggak ada yang tertarik belanja, kita lanjut ke tujuan selanjutnya, yaitu ke pelabuhan (sebenernya kita jalan-jalan cuma mau nyari objek buat foto-foto aja sih, nggak niat mau belanja, yang belanja ya cuma yang cewek aja). Namanya pelabuhan Laotte (mudah-mudahan bener nulisnya). Dan tau nggak sih kita ngapain disana, ya ngapain lagi kalau bukan foto-foto (heheheheh GJ ya, tapi ada yang lebih GJ lagi habis ini). Habis backgroundnya bagus sih. Perpaduan bukit sama laut.

Setelah puas foto-foto, lanjut lagi ke alun-alun di depan rumah Gubernur. Temen saya ada yang nyobain naik bentor (alias becak montor) kendaraan khas di sana. Habis dari alun-alun lanjut lagi ke kantor gubernur. Heran ya ngapain kita ke sana (ya ini GJ yang satu lagi). Soalnya, kantor Gubernur sama kantor DPRD terletak di daerah perbukitan. Nah, spotnya kan bagus tu ya buat foto-foto. Kita kesana ya emang buat foto-foto aja sih. Setelah menempuh perjalanan yang lumayan, kita disana nggak lebih dari 10 menit. Lha wong niatnya cuma buat foto-foto aja. Kalau kata temen saya, yang penting kan udaha ada bukti, tulisan Gorontalo-nya. Terus ke mana lagi kita. Ya balik ke mess dong. udah siang juga.


Hari ketiga di sana, ternyata cuaca kurang bersahabat. agak siangan gitu, hujan turun dan lumayan deres. Udah agak takut nih sama air. Tapi Alhamdulillah, airnya masih jernih aja lho. Tapi rupanya ada masalah lain selain masalah air, yaitu sinyal. Sinyal HP sih lumayan, masih kuat. Kadang-kadang aja lemah. Tapi cuma bentar. Nah kalo sinyal internet, nggak ada sama sekali. Masa pas modem dicolokin, cuma keluar tulisan no signal aja. Huhuhuhu... dicoba di beberapa tempat tetep nggak bisa. Sebel, nggak bisa ngenet. Untung ya cuma 4 hari di sana. Masih nggak apa-apa sih. Dan masih bisa ngenet juga lewat ponsel. Tapi tetep aja kurang puas. Hari ketiga di sana kegiatan lumayan padet. Acara selesai jam 11, dan saya lanjut packing sampai jam 12. karena kecapekan (ditambah ada insiden kecil beberapa jam sebelunya) malah jadi nggak bisa tidur. Baru bisa tidur menjelang dini hari. Untung udah nggak ada kegiatan apa-apa lagi besoknya.

Hari ke-empat adalah hari kepulangan kita. Mumpung masih ada waktu, pas ke bandara, kita mampir ke 2 tempat dulu, buat foto-foto (lagi). Yang pertama ke sebuah menara (kalau temen saya nyebutnya Eiffelnya Gorontalo). Terus yang kedua, ke kantornya Briptu yang lagi booming kemaren itu lho. Hehehehehe jayus ya. Ini sih permintaan temen saya. Dia ngefans kayaknya hahahahaha. Ternyata, kantornya kecil ya. Dan disana kita tetep foto-foto lagi dong. Setelah puas foto-foto, lanjut ke bandara buat pulang ke Jogja.

Sebenernya seru sih, perjalanan kemaren itu. Sayanya aja yang udah lebay takut duluan. Apalagi, kalau temen 1 timnya enak, makin seru perjalanan kemaren. Hehehehe kalau saya sebenernya nikmatin aja sih perjalanannya, yang nggak enak ya kerjanya itu. Untungnya kemaren lebih banyak jalan-jalannya, daripada kerjanya. Soalnya sebagian pekerjaan, udah saya cicil sebelumnya. Jadi disana agak bebas lah. Terus, kalau besok ada tugas luar lagi, apakah saya masih nolak. hehehehe tergantung ya kemana. Kalau daerahnya aman sih nggak apa-apa. Tapi kalau harus ke daerah konflik, kayaknya saya mikir-mikir dulu deh....

You Might Also Like

0 komentar