Picky Eater

20.58

Tadi siang sukses nggak makan siang lagi. Cuma minum air putih segelas tupperware. Yang sukses bikin saya bolak-balik ke kamar mandi, soalnya AC kantor, tumben sih dingin banget. Terus kenapa saya sampai nggak makan siang? apa lagi diet ya? ooo tentu aja bukan. Ini gara-gara makanan saya dituker sama punyanya temen. Tadinya kan saya pesen nas padang dengan lauk tempe, eh malah dituker sama daging rendang. Langsung ilang deh selera makan. Meskipun laper berat, tetep pilih nggak makan aja deh. Nah kejadian pas makan siang tadi bikin saya mikir nih, apa saya termasuk picky eater ya...
Kalo dipikir-pikir iya kali ya. Saya emang agak milih-milih soal makan. Banyak nggak doyannya sih. Bukannya pantang, tapi ya nggak doyan aja. Dan, kalau udah nggak doyan, saya pilih nggak makan. dan pilihan nggak makan ini, kayaknya berakibat buruk sama saya. Saya jadi gampang kena magh dan gula darah ngedrop, atau kalau udah parah, migrain juga kumat. Parah nih, pilihan makanan saya. Jadi iseng pengen ngelist, apa aja sih yang saya nggak mau sampai yang saya mau tapi nggak begitu suka:
1. Daging sapi, daging kambing dan daging-daging yang lain plus jeroannya, kecuali ayam
    Heran ya... hehh saya juga heran, kok saya bisa segitunya nggak doyan daging-dagingan itu. Khusu daging kambing, saya sama sekali nggak doyan. Mau dimasak apapun, pokoknya big no no deh. Kalau daging sapi masih agak mending. Selama daging sapi nggak berbentuk daging (hehehehe bingung ya), maksudnya udah berbentuk yang lain semacam abon, bakso, burger saya baru mau. Tapi kalo daging itu masih berbentuk daging, jelas saya tolak. Kemungkinan besar penyebab saya nggak doyan daging sapi adalah karena teksturnya. Saya itu nggak suka sama makanan yang kenyal-kenyal gitu, macam kulit ayam. nah daging sapi kan banyak tu bagian yang kenyal gitu, belum lagi aromanya agak amis. Kalau untuk daging kambing, jelas karena aromanya. Dari kecil saya udah nggak suka sama daging-dagingan itu.
2. Ikan Lele
    Dari dulu sampai sekarang saya geli bener sama ikan ini. Mungkin gara-gara bentuknya kali ya. Ngeri. Biarpun tu ikan diambil dagingnya doang, saya tetep nggak mau makan, soalnya masih kebayang bentuknya, apalagi kepelanya itu. Pokoknya big no no deh. Saya pilih makan pake lauk kerupuk aja deh, kalo ada si lele.
3. Pare, daun pepaya, dll yang pait-pait
    Saya nggak suka sama rasa pahit. Pernah nyoba sih kedua sayur itu, dan nggak suka sama rasanya. Sampe sekarang juga masih nggak suka kok.
4. kepala ikan
    Kalau buat makan ikan, kayaknya setelah saya gede baru saya mau deh. DUlu pas jaman SD mah ogah. anti sama yang namanya ikan. Setelah kuliah baru mau (hehehehe aneh ya, saya sendiri juga heran kok). Kalau dagingnya udah mau, hal ini nggak berlaku buat kepala ikan. Saya masih nggak tega buat makannya. Jadi kalau ada yang ngajakin makan gule kepala ikan, siap-siap kecewa deh, soalnya saya bakal milih yang lain.
5. Salak, semangka, nangka, srikaya, sirsat, kelengkeng, duku, rambutan, durian, dlll
    Hehehe banyak ya dan jangan tanya kenapa... Soalnya saya juga nggak tau penyebabnya. Perbah sih nyobain. Tapi karena pernah nyobain, dan tau rasanya, makanya saya nggak begitu suka. Lha wong Melon aja, saya baru doyan selama 1 tahu terakhir ini. Dulu-dulu nggak mau. Khusus durian, saya emang belum pernah nyoba. Tapi saya nggak suka, gara-gara nggak tahan sama baunya.

Lupa apalagi nih, yang mau dimasukin ke daftar. kayaknya sih masih banyak deh. Hehehe makin keliatan ya kalau saya picky eater. Susahnya, kalo saya harus ke daerah yang menu makanannya saya nggak suka semuanya. Dijamin bakalan kurus deh. kayak pas puasa kemaren, pas saya harus ikut diklat selama 3 minggu, dimana menunya hampir tiap hari adalah daging sapi. Bikin saya makannya dikit banget. Pulang-pulang dari sana sukses berat badan turun, gara-gara susah makan (ada untungnya juga sih susah makan gitu, secara nggak langsung jadi diet).

Kalau ditanya penyebabnya, saya juga nggak tau, kenapa saya jadi milih-milih gini. Mungkin kebawa pas jaman kecil dulu ya. Jadi ceritanya, pas kecil dulu, di rumah saya kan cuma sama yang ngasuh saya soalnya bapak-ibu saya kerja. Otomatis, urusan makan juga diserahin ke yang ngasuh kan. Seinget saya, dulu makanan yang dimasakin buat saya kurang variatif. Habis itu, kalo makan biasanya piring makan saya dipenuhin nasi sama sayur. Dan saya harus habisin makanan itu, biar sehat katanya (maklum, dulu ukuran anak sehat adalah anak gemuk, dan pas saya TK, saya emang gendut gitu). Namanya anak kecil kan paling ogah kalau dipaksa makan. Udah kenyang, tapi masih harus menghabiskan sepiring penuh. Nah gara-gara dipaksa dan porsi makan yang banyak itu, saya kan jadi sebel. Mungkin, setelah gedean dikit, dan pengasuh saya berhenti, saya mulai deh milih-milih makanan. Saya inget tuh, dulu saya sampai nggak doyan sama yang namanya bayam, udang, cumi, sama ikan dan beberapa jenis masakan tertentu. Pokonya nggak mau makan. Mungkin bentuk protes kali ya, karena dulu dipaksa (dan hal itu kebawa ke sifat saya. Saya paling benci dipaksa melakukan sesuatu. Kalau dipaksa nggak bakal deh saya lakuin).

Jadi mikir, besok gimana kalo saya udah punya anak ya. Kalau saya milih-milih gini pas makan, ntar anak saya gimana dong (T_T). Moral dari cerita ini, jangan suka maksa anak kecil buat makan banyak ya. Soalnya, bakal kebawa sampai gede. Kasihan juga, kalau anak kecil dipaksa makan. Bukannya mau, ntar malah benci sama jenis makanan tertentu.


You Might Also Like

0 komentar