Ospek SMA Jaman Dulu Kala

13.19

#disclaimer sebelumnya, postingan ini bakal ngalor-ngidul isinya


Hahahaha kesannya kok jadul banget ya...Padahal juga baru berapa taun sih saya lulus SMA....uhuk.....(belum ada 10 tahun ini). Dan setelah lewat berapa taun gini, semua kejadian-kejadian di SMA dulu yang kayaknya nyebelin banget, ternyata lucu banget kalo diinget-inget. Akhirnya malah bikin ketawa ngakak-ngakak.
Jadi ceritanya, kemaren Jum'at kan ada layatan (takziah) mendadak ke Klaten. Berhubung ketinggalan kloter pertama yang paling pagi, yang pake mobil, jadi ikutan kloter selanjutnya dengan bis. Ya, meskipun sama-sama Klaten, tapi tempat tujuannya beda sama tempat yang biasa dijadiin tujuan kalo mudik. Nah, karena bosen di jalan (gak nyampe-nyampe soalnya), saya sama temen sebelah malah ngobrol-ngobrol gak jelas. Nggak tau awalnya darimana, tau-tau aja kita malah mengenang-ngenang jaman SMA. Jadi saya sama temen saya itu dulunya 1 SMA. Dia setahun di atas saya, jadi ceritanya kakak angkatan gitu. Tapi pas masuk kerjanya di kantor ini malah duluan saya (betapa dunia ini kecil bukan). Nah, dulu nih pas di SMA kita sama sekali belum kenal. Malah nggak tau kali ya, maklum sesama bukan anak gaul. Taunya ya pas kerja ini.

Nostalgianya dari yang mulai mbanding-mbandingin enakan angkatannya siapa, sampai ngobrolin soal ospek dan kekejaman kakak kelas saya dulu alias temen-temen seangkatannya dia. Nah pembahasan soal ospek ini yang paling seru, soalnya kita mbandinginnya dari sudut pandang angkatan masing-masing. Saya sebagai adik kelas dan dia sebagai kakak kelas. Ada 2 orang, cowok dan cewek (dalam hal ini kakak kelas saya), yang sama-sama terkenal baik di angkatan dia maupun di angkatan saya. Terkenalnya adalah karena mereka itu galak banget (pas ngospek sih, tapi di luar ospek sih nggak galak). Sampai akhirnya yang cowok, sebut aja ya inisialnya W, terpilih sebagai panitia paling galak/nakutin. Ya secara, siapa yang nggak takut, kalo ada orang yang tiba-tiba masuk ke kelas, terus ngagetin dengan cara mukul meja pake penggaris besi. Kata temen saya, si W di angkatannya, kalo ada masa-masa ospek, emang di setting buat jadi yang galak, padahal aslinya sih suka tepe-tepe gitu.

Ngomong-ngomong soal settingan. temen saya cerita, kalo pas ospek gitu, anggota panitia emang dibagi 2, yang bermuka lembut dan ramah biasanya jadi malaikat baik hati. Kalo yang tampangnya galak, jutek dkk bisa dipastiin lah kalo bakalan jadi "the devil" yang selalu ditakutin. Terus nih, kalo ada anak ospekan yang tampilannya nggak sesuai ih menurut kriteria kakak kelas, baju ketat, rok di atas lutut, terus wajahnya agak-agak ber-make-up ria, bisa dipastiin, kalo dia bakal jadi inceran kakak kelas. Meskipun nggak salah apa-apa, tetep aja bakalan di ceng-in gitu. (Soalnya dulu ada tradisi, tiap sore sebelum pulang kan ada sesi evaluasi tuh, nah yang di ceng-in kakak kelas baik dengan tujuan kaderisasi untuk jadi pemimpin di masa depan atau diceng-in hanya karena nggak suka, pasti bakalan dipanggil ke depan, terus dimarah-marahin. 1 orang bisa dikroyok sama lebih dari dua orang lho. Kalo istilah kakak kelas dulu, buat nglatih mental gitu).

Selain kakak kelas yang bisa berubah kejem pas ospek, tapi jadi baik banget kalo jam pelajaran, yang lucu lagi adalah tugas-tugasnya, yang kadang nggak masuk akal. Sebenernya sih bagus juga, soalnya bener-bener memancing kreativitas kita. Yang paling saya inget (soalnya tugas ini nggak berubah selama 2 tahun berturut-turut) adalah bawa pisang gantet warna ijo. Kan susah tu, nyari pisang gantet, akhirnya buat ngakalinnya adalah 2 pisang dijadiin satu pake tusuk gigi. Eh gak taunya, pisang-pisang itu malah dimakan sama kakak-kakak kelas. Taunya sekarang sih, dulu kan masih lugu jadi ya nggak tau. Belum lagi tugas buat ngarang alias nulis esay gitu, udah kalo pulang malem ospek habis magrib, terus tugasnya kalo di list bisa lebih dari 10 tugas yang semuanya aneh-aneh, masih ditambah nulis esay yang ada minimal harus berapa kata atau paragraf. Jadi dulu, pas jaman ospek gitu, bisa dipastiin, saya selalu tidur di atas jam 12 malem. Untung ya ospeknya seminggu, ada SMA lain yang ospeknya sampai 3 bulan.

Emang sih, pas njalanin dulu, yang namanya ospek itu amat sangat menyebalkan. Tapi kalo diinget-inget sekarang malah bikin ngakak-ngakak. apalagi kalo diobrolin sama yang pernah ngalamin. Kita bisa ngetawain kedudulan kita dulu. Kok ya jadi orang lugu banget gitu sih. Terus, kita bisa ngetawain kelakuan kakak kelas yang saat itu, seolah-olah jadi orang yang paling menakutkan sedunia (mereka berhasil lho nakut-nakutin kita). Pokoknya, nyebelin bin ngeselin, tapi juga jadi kenangan yang lucu juga...Untungnya pas jaman kuliah, ospek saya biasa aja. Malah jauh lebih ringan dibanding pas jaman SMA,

You Might Also Like

0 komentar