Ketika Masih Akrab sama Bis Kota

15.37

Marilah siang-siang gini kita bernostalgia.... Sebenernya sih biasa, tiap pagi pas saya berangkat (kan ceritanya sekarang udah naik motor sendiri) selalu barengan sama bis kota.... Jadi inget deh, jaman-jaman saya dulu masih akrab sama bis kota... Kalau sekarang, disuruh naik bis kota sendirian...emmmm pikir-pikir lagi deh...

Saya mulai akrab naik bus kota dari jaman kelas 5 SD (ya kira-kira udah lebih dari 10 tahun yang lalu lah)...Lama ya... Dulunya sih pas TK sampai SD kalo berangkat sama pulang sekolah selalu diantar jemput sama bapak saya. Tapi suatu hari si bapak lagi ada diklat, yang harus nginep. Dan nggak memungkinkan buat nganter jemput anaknya. Karena nggak ada yang nganter jemput, jadinya saya harus naik bis kota. Awalnya nggak mau, soalnya takut. Tapi untungnya temennya banyak. Sejurusan lagi... Inget banget nih, dulu jalur yang biasa kita naikin adalah bis kota Kopata jalur 6 atau Aspada sama Puskopkar jalur 10. Biasanya kalo siangan dikit, pas jam-jamnya pulang sekolah, selalu nggak kebagian bis tuh. Soalnya udah keduluan sama anak-anak SMP 5 yang letak sekolahnya sebelum SD saya. Seru sih, dulu lumayan banyak yang naik bis. Kalo les sore-sore juga banyak barengannya buat pulang. Dulu sih masih berani, soalnya jaman dulu masih aman. Saya belum kenal yang namanya copet apalagi pengamen.... Jaman dulu belum ada (kalo sekarang sih udah banyak).

Berlanjut ke SMP, masih setia juga naik bis kota. Jalurnya juga msih sama. Cuma temen-temennya makin banyak. Dan kalo jam-jam pulang sekolah gitu, bisa naik ke bis adalah sebuah perjuangan. Saingannya banyak bener. Jadi kadang kalo lagi males, suka dibiarin aja itu bis lewat...Ngeri dong, yang naik ampe kayak tumpah-tumpah gitu di pintu. Buat ongkosnya, saya sih agak-agak lupa. Yang pasti naik bis untuk pelajar itu murah banget. Yang saya inget sih dengan 500 perak udah nyampe rumah. Bandingin aja sama taksi.

Petualangan saya naik bus kota sedikit terhenti pas SMA. Secara sekolahnya deket bener sama rumah. 10 menit jalan juga udah nyampe. Makanya dulu pas SMA bisa langsing, secara jalan terus. Baru naik bis lagi, pas jaman-jaman mulai les-lesan itu. Lagi-lagi karena nggak ada yang jemput. Pas jaman kuliah baru deh balik lagi, naik bis kota kalo pulang kuliah siang. Atau kuliahnya siang. Langganan jalurnya namabah. Pakai jalur 7, soalnya kalao jalur 6, ampun deh nunggunya lama bener. Nah pas masa-masa ini, bis trans jogja udah mulai muncul. Jadi penumpang busnya berkurang drastis. Apalagi karena ongkosnya juga naik. Suka ngeri kalo pulang sore-sorean gitu. Bisnya sepi banget. Ya karena anak-anak sekolah jaman sekarang kan udah nggak mau naik bis lagi. Tetangga depan rumah saya aja, yang cuma setahun di bawah saya, nggak pernah mau naik bis. Pas kerja di kantor yang dulu, juga sama, masih sering naik bis. Soalnya belum bisa naik motor. Baru setelah kerja di kantor sekarang ini, udah amat sangat berkurang frekuensi naik bis-nya.

Banyak kejadian lucu juga ngeri sih selama saya naik bis. Dari yang deg-deg ser gara-gara sebangku sama gebetan pas jaman SMP. Sampe hampir nangis, gara-gara digangguin preman mabuk. Mana bisnya sepi pula. Untung nggak diapa-apain. Pengalaman hampir kecopetan juga pernah. Melihat copet beraksi juga pernah. Karena itulah, sekarang agak-agak takut juga kalau naik bis kota.

Kalo saya inget-inget lagi, kejadian-kejadian buruk di bis kota saya alamin pas jaman saya kuliah. Mungkin pada saat itu, harga BBM yang naik, jadi tarif bis kota juga ikut naik, terus jadi pada males naik bis deh. Makanya sepi banget atau jarang yang naik bis. Cuma jam-jam tertentu yang rame. Terus banyaknya pengangguran dan biaya hidup yang makin tinggi, memicu pertumbuhan preman ataupun pencopet dan pengamen yang penampilannya amat sangat ngeri. Hal-hal kayak gitu yang bikin saya males banget kalo disuruh naik bis kota. Kalau naik bis trans sih, masih nggak apa-apa. Masih relatif aman menurut saya. Tapi kalau udah disuruh naik bis kota, terus-terang jadi agak males. Kecuali kalau banyak temennya. Apalagi sekarang udah bisa naik motor, kemana-mana pilih naik motor. Atau kalau lagi males ya nyari taksi deh.

Kualitas angkutan kota sekarang emang agak disayangkan ya. Secara, pamornya turun banget, ya gara-gara pencopet, preman dan pengamen itu. Saya aja masih trauma sampai sekarang (jadi bukan karena "nggaya" ya, sekarang nggak mau naik bis) dengan pengalaman-pengalaman buruk yang pernah saya alami pas naik bis. Mungkin kalau kualitas angkutan kota diperbaiki, dengan lebih teratur, saya bisa berubah pikiran. TApi nggak tau juga, kapan terwujudnya

You Might Also Like

0 komentar