Jajanan Siomay dan Batagor

12.54

Siang-siang gini mendekati jam maksi, perut udah keroncongan. Mana hri ini saya gak bawa bekal dari rumah. Jadi belum tau nanti makan siangnya apa. Buat membunuh waktu, nungguin jam maksi yang nggak dateng-dateng, marilah kita ngomongin jajanan aja ya (lho, malah jadi tambah laper kan). Spesial, yang mau diomongin siang ini adalah siomay sama batagor, duo jajanan kesukaan saya yang ada di seputar jogja ini.

1. Siomay Mang Mudi
Simay ini di Jogja ada beberapa cabang. Langganan saya sih di perempatan kentungan Jakal. Untuk harganya, ya lumayan sih. Sebuah siomay kurleb 2 ribuan lah. tapi harga sebanding sama rasa kok. Ini siomay emang bikin nagih. Pernah pas beberapa bulan lalu, setiap Jum'at selama beberapa minggu berturut-turut maksi saya ya siomay Mang Mudi ini. Selain siomay ikan, ada siomay udang sama siomay cumi isi telur puyuh (bayangin tuh kolestrolnya). Untuk jam bukanya, dari pagi sampe malem.
2. Siomay Telkom
Dari jaman SMP udah suka jajan di sini. Soalnya dulu, pas saya SMP, kalo siang suka buka di depan Telkom, kan deket sama sekolahan saya tuh. Kalo malem buka juga. jadi full seharian. Cuma kalo sekarang, bukanya cuma sore aja. Lokasinya juga udah pindah ke bagian belakang telkom, nggak jauh dari sd serayu. Bukanya tiap jam 1/2 4. Untuk rasa, nggak jauh beda sama siomay-nya Mang Mudi. tapinya cuma satau, setiap ambil kentangnya, kok selalu dapet yang rasanya agak kecut ya (asem). Tapi so far emang enak kok.
3. Siomay Kang Ujang
Pertama kali beli pas masih ada di Jakal (sekarang udah nggak ada). Dan rasanya enak. Kedua kalinya di Seturan (sekarang juga udah nggak ada),  kok biasa aja ya. apa beda cabang, beda rasa. Tapi lumayan lah, buat selingan. Cuma sekarang nyari si Kang Ujang ini kok susah dicari ya Kemaren liat sih, di daerah Kusumanegara. Tapi belum kesana lagi.
4. Siomay Kuah Segar
Ada di daerah Jakal sama Seturan. Beda sama siomay yang biasa saya makan. Di sini, ada dua macam varian cara maknnya. Bisa pake kuah kayak kuah bakso atau pake sambal kacang. Terus udah ada menu paket-paketannya juga. Yang paket isi 5, udah bikin kenyang. Beda sama siomay-siomay yang udah saya sebutin di atas, siomay di sini lebih mirip sama bakwan kawi. Dalam satu paket yang paling mahal (alias yang isi 5), isinya siomay tenggiri, siomay daging, siomay udang, siomay rumput laut sama bakso tahu.
5. Siomay Mang Cepot
Ada di jakal km 9 apa 10 ya. Dulu ke sini, gara-gara penasaran, kok rame banget ya. Di sini siomay-nya siomay daging sama siomay ikan kayaknya. Tapi kayaknya nggak ada perbedaan rasa deh di dua macem siomay itu. Untuk harga, standar du siomay di atas lah. Bumbu kacangnya juga enak. Tapi kalo untuk balik ke sana lgi, kayaknya males deh. Jauhnya. Tapi tempat ini selalu rame sama mahasiswa.
6. Siomay Chantel
Ngehits banget untuk kalangan anak-anak Delayota. Tapi, jujur sih, bukan selera saya. Soalnya siomay-nya jenis yang nggak kenyal. Tapi lumayanlah.
7. Siomay bakso Gress
Ada di Galleria mall. Setipe sama siomay kuah segar, tapi pake bumbu kacang. lumayanlah buat selingan. Untuk harga, lumayanlah.
8. Siomay Mandala krida
Seperti namanya, letaknya di depan stadion Mandal Krida. Harganya murah Satunya cuma seribu per bijinya. Tapi rasanya jauh lebih ringan dibanding sama siomay Mang Mudi atau siomay telkom. Buat cemilan, enak juga.

Nah skarang lanjut, mari kita membahas Batagor. Batagor yang saya maksud bukan siomay digoreng lho. Soalnya rata-rata di warung siomay itu, ada pilihan menu siomay digoreng, yang kadang disebut batagor. Nah, yang saya maksud, bener-bener adonan tepung sama tahu yang digoreng. Karena di Jogja cuma ada dikit, jadi yang saya review juga dikit. ini beberapa diantaranya:
1. Batagor Kotagede
Letaknya di deket kantor pos Kotagede (kayaknya sih). Bukanya cuma sore aja. Saya udah jadi pelanggannya sejak saya kecil, bahkan sebelum saya doyan sambel. Rasanya enaaakkk banget. Sambel kacangnya juga beda lah (kacangnya lebih kasar). Sebenernya lebih tepat disebut tepung sama tahu yang digoreng. Tapi kalo menurut saya malah enak. Rasanya juga konsisten, dari dulu sampe sekarang (penting itu). Sayang, sekarang semakin kesini, harganya semakin naik. tapi tetep nggak membuat saya berhenti jadi pelanggannya.
2. Batagor Pak Kirno
Ada di Jakal km 5, deket pom bensin. Dulu pas kecil pernah beli di situ, kriuk-kriuk enak gitu. Terus baru akhir-akhir ini beli lagi. Seporsi cukup 5 ribu saja.
3. Batagor Sampurna
Ada di perempatan Sagan deket pom bensinnya. Bukanya cuma sore aja. tapi antrinya itu lho. harganya cukup 5ribu saja. batagor ini kenyal banget. Beda sama batagor kotagede, yang nggak begitu kenyal. Lebih deket sama kantor juga.

Sekian review abal-abal saya yang amat sangat ringkas. Maklum, lagi ngidam sama siomay dan batagor. Alhamdulillah, belum bosen sampe sekarang.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus