Babbling

12.46

Alhamdulillah saya belum pernah ngrasain nge-kos, karena Alhamdulillah dari jaman sekolah sampai kerja, semua saya lalui di kota kelahiran saya.... Alhamdulillah lagi, rumah saya ada di kota, jadi kemana-mana deket... Meskipun dari jaman sekolah TK dulu, sekolah saya nggak ada yang di sekitar rumah. Jaraknya lebih dari 2 kilo, kalau dari rumah. Apalagi, pas kuliah, meskipun lebij jauh, tapi masih terjangkau sama bis kota. Begitupun pas saya kerja. Jarak kantor dan rumah masih kurang dari 8 kilo. Cukup 1/2 jam dari rumah, udah nyampe kantor. Jadi, emang dari dulu saya nggak pernah jauh-jauh dari rumah. Makanya paling sebel, kalau ada acara yang mengharuskan harus nginep berapa hari di luar rumah. Soalnya, dijamin pasti nggak betah-an.

Pengalaman jauh dari rumah pertama kali (maksudnya tinggal jauh dari rumah) ya pas KKN dulu. Selama 3 bulan, saya harus ngungsi dulu ke kabupaten sebelah, buat njalanin tugas kuliah biar bisa lulus. Saya yang nggak pernah jauh dari rumah, awalnya nggak betah harus tinggal di luar kayak gini. Tapi lama-lama ternyata nyenengin juga, agak menjauh dari keluarga, dan tinggal sama temen-temen yang seumuran. Dan disinilah saya baru ngrasain suka-sukanya jadi anak kos (lebay banget yah, padahal cuma 3 bulan). Tinggal jauh dari rumah, memaksa saya buat mandiri. Dari nyuci baju (apkai tangan), nyiapin makan/nyari makan (untung nggak harus masak sendiri), setrika (paling benci kerjaan ini), beberes kamar, manajemen pulsa dan uang, dan lainnyaa.. Capek tapi seru.. Serunya adalah bebas dari aturan.. Yup, mau tidur jam berapa, nggak ada yang nglarang. Mau pulang jam berapa juga nggak ada yang nglarang. Aturan dari diri kita sendiri. Dan yang susah, adalah menetapkan batasan-batasan mana yang nggak boleh kita langgar.

Masa KKN selesai sampai lulus kuliah, saya balik lagi tinggal di rumah dengan keluarga saya. Sampai saya kerja. Sejak kerja yang sekarang ini, ternyata saya jadi sering banget ke luar kota. Dari yang 2 hari sampai paling lama 3 minggu, saya harus meninggalkan rumah. Awalnya yang berat banget ninggalin rumah, karena mulai keenakan di rumah, jadi agak terbiasa. Dari yang awalnya packing aja bingung, sampai bisa packing dengan cepet (toh lagian perginya masih di dalam indonesia juga, jadi barang-barang yang dibawa ya segitu-gitu aja). Rasanya kalo pas tugas keluar kota kayak gitu, agak mirip sama nge-kos, apalagi kalo perginya lebih dari 3 hari. Soalnya harus nyuci sendiri. .

Kadang, saya kangen juga masa-masa nggak tinggal sama keluarga saya alias seolah-olah nge-kos. Tapi saya cuma rindu rasa kebebasannya dan mandirinya aja sih. Selebihnya lebih enak di rumah sendiri hihihihi... Apalagi, kalo harus ngrasain sakit dan lagi di tanah rantau gitu. Rasanya nelangsa banget. Kalo di rumah kan selalu ada yang merhatiin. Makanya saya salut, sama orang (apalagi anak sekolahan), yang bisa tinggal jauh dari rumahnya. Sehari sampai seminggu nggak apa-apa, tapi kalo lebih dari sebulan.....

O, iya...keinginan tinggal mandiri gitu juga dipicu gara-gara kebanyakan nonton drama korea nih. Kan, kalau di serial itu, yang udah kerja tapi belum nikah mulai tinggal terpisah sama keluarganya kan (kebanyakan budaya di luar Indonesia) dan mulai tinggal sendiri. Kayaknya seru juga ya, kalo tinggal di apartemen (maksudnya ngontrak). Kadang sih ngebayangin rasanya tinggal sendiri di apartemen dengan pemandangan cantik (pemandangan musim semi atau gugur gitu), dengan perabotan imut (referensinya adalah drama korea ya, hihihi) ngrasain harus nyuci sendiri (pakai mesin cuci), bingung ngatur menu, masak sendiri, belanja buat kebutuhan sebulan. Kedengerennya seru juga kan... Salah satu keinginan terpendam deh (tapi gak usah lama-lama, 1 bulan aja cukup, dipikir-pikir tinggal sendiri belum tentu enak sih)....

Yah, tapi mau tinggal sendiri atau tinggal sama keluarga emang ada seneng ada susahnya juga ya..... Tergantung sudut pandang kita. Dan Alhamdulillah, pernah merasakan keduanya. Meskipun tinggal sendiri (sebagai anak kos-nya) suma sebentar. Paling nggak, saya udah pernah ngrasain.

You Might Also Like

0 komentar