MUA vs Perias Tradisional

16.05

Minggu lalu, habis renang, diajakin sama sepupu saya buat liat-liat toko kain di sepanjang Jl. Solo... Belum semua dimasukkin sih, tapi lumayanlah. Menurut saya yang paling bagus koleksinya ya si Mumbay itu... bener-bener bagus-bagus. Dari berbagai macam brokat dan berbagai macam tile ada. Sayapun jadi naksir sama sehelai kain brokat prancis warna pink... Tapi pas tanya harga ke mbak-mbak yang ada disana, huhuhuhu langsung mundur teratur. Masak harganya 2,6 juta per potong (2,5 m).. Tapi emang sih ada harga ada rupa... Nggak ada kain lain yang warnanya menyamai si brokat prancis itu... Huhuhuhu jadi pengen... Tapi, kalo harganya segitu, jadi mundur...
Hari berikutnya, saya kan cerita sama temen saya, kalau di Mumbay kainnya bagus-bagus... dan si ibu yang mau punya gawe pun bertandang kesana dan memborong kain untuk pernikahan anaknya. Sayapun kebagian satu kain yang saya ceritain sebelumnya. Warna toska kombinasi ungu dengan payet, yang sampai sekarang bingung cari modelnya yang bagus kayak apa.
Barengan sama sepupu saya yang mau wisuda itu, kami berdua jadi sibuk membahas dari model kebaya, make up dan hairdo yang bagus. Pembahasan make-up dan hairdo pun makin seru, ketika kami membandingkan hasil riasan dan tatanan hair do antara MUA sama perias penganten tradisional. Bedanya menurut kami itu:

MUA
Di Jogja, yang namanya nyari MUA nggak segampang nyari di Jakarta. Bukannya nggak ada, tapi ya itu agak-agak susah kalo mau cari referensinya. Biasanya hasil riasan MUA itu lebih modern, dan lebih soft. Jadi hasil dandanan nggak keliahatan menor gitu. Dulu pas jaman wisuda, Alhamdulillah saya pakenya MUA. Meskipun waktu itu, juga nggak sempet survey ke banyak tempat. Hasil dandanan MUA saya juga lumayan bagus kok. Nggak kelihatan menor dan tua. Tapi kelihatan fresh. Meskipun sekarang kalo ngliat lagi foto jaman wisuda, komentar yang tercetus adalah lipstiknya kelihatan pucet kalau buat foto. Tapi saya pribadi suka sama hasil riasannya.

Perias penganten
Nah, kalo pengalaman sama perias penganten saya juga ada. Biasanya kalau ada keluarga yang menikah, saya kebagian jadi yang jaga buku tamu, atau pagar ayu (sama yang jadi patah alias tukang ngipasin pas jaman SD dulu). Dari 7 kali didandanin sama asisten-asisten perias penganten itu, yang hasil make-upnya keliatan manglingi dan bagus dan nggak bikin saya keliatan tua dan galak cuma 2. Yang lain, sukses membuat wajah saya keliatan lebih tua dan lebih galak. Soalnya dipakein lipstik warna pink tua (dan saya benci banget). Jadi saya sebenernya lebih seneng kalo didandanin sama MUA, soalnya hasil riasannya lebih modern.. Nggak bikin muka saya kelihatan lebih galak.

MUA
Untuk soal hair do, dulu pas jaman wisuda, tatanan hairdo saya simpel banget. Rambut saya nggak disasak sama sekali. Cuma diikat, terus dibentuk cepol kecil dan ditambahi sanggul tambahan dan diponi. So love it. Karena setelah selesai acara, nggak usah susah-susah buat menghilangkan bekas hair spray itu dan menghilangkan bekas sasakan. Makanya, pas dimintain tolong sama temen saya tahun lalu, saya minta ke periasnya biar rambut saya nggak disasak. Tapi ternyata hasilnya lebih parah lagi.

Perias penganten
Jadi, kalau dandan sama asisten-asisten perias pengantin yang disediakan oleh empunya gawe, mereka itu punya 1 ciri khas yang nggak tergantikan. Saya sama sepupu saya sampai sepakat. Ciri khasnya yaitu sasakan. Semakin tinggi dan semakin megar kayaknya semakin seneng deh. Dua kali saya didandani dengan model sasakan gitu. Saya sebenernya sebel banget, tapi nggak tau kenapa ibu saya bilangnya bagus. Katanya sih untuk menyamarkan muka saya yang bulet ini. Tapi tau nggak sih, disasak dengan model sasakan tinggi itu kalau menurut saya, kok jadul banget sih. Dan ketika saya pesen ke periasnya untuk disanggul tanpa sasak, diterjemahkan oleh si perias dengan menambahkan sanggul kecil yang dijepit, jadi seolah-olah tetep aja, rambut saya disasak model tinggi gitu. Mana mereka hobi banget ngilangin poni saya. Padahal kan poni itu lumayan membantu bikin wajah saya nggak bulet-bulet amat.
Kalo pengalaman sepupu saya lain lagi, pas dia minta model rambut yang dipilin-pilin, eh periasnya bilang nggak bisa... Akhirnya dia sebel sendiri deh. Padahal kalo mantengin youtube, model hair do yang tanpa sasakan tinggipun keliatan bagus. Cuma model dipilin-pilin dan aksesoris udah keren, tapi ya itu, susah dapet perias yang berkonsep tanpa sasakan tinggi.
Makanya, saya sebenernya harap-harap cemas deh, sama riasan besok pas temen saya punya gawe. Soalnya vendornya sama kayak tahun lalu. Dan saya sebel sama model riasan hair do-nya. Kira-kira kalau saya bawa model hair do sendiri, mereka mau nggak ya. Sebelum itu, kayaknya saya harus nyari model hair do dan kebaya dulu deh.... Fiuhhh repot banget ya jadi perempuan.

You Might Also Like

0 komentar