Jerawat Lagi

12.12

Dimulai dari bulan Desember tahun lalu. Gara-gara stres karena beberapa kerjaan dateng bareng-bareng dan mau periode, tiba-tiba aja di wajah muncul jerawat yang gede-gede, yang nggak cuma sakit tapi juga gatel. Ada 5 tempat yang ditumbuhi jerawat. Ya ampun, sakitnya itu lho, nggak nguatin. Setelah masa-masa stress ilang, agak lumayanlah, itu jerawat udah ilang dengan satau bekas gede di pipi (yang masih ada sampai sekarang). Setelah 5 jerawat itu mereda, muncul di leher satu. gede, sakit dan merah. Hampir mirip bisul sih. Saya sampai heran, ini kenapa ya, kok jadi jerawatan lagi gini. Mana tipe jerawatnya yang gede-gede, kadang ada matanya, kadang nggak ada. Setelah itu, yang di pipi muncul lagi. Gede, merah, meradang di pipi. Sampai lebih dari dua minggu, masih meradang juga. Baru sembuh ya minggu kemaren. Belum juga kering bekasnya, muncul lagi 4 di pipi kanan lagi (semua jerawat tadi mucul di pipi kanan), sama yang di dagu juga nggak sembuh sembuh, dan mau muncul lagi kayaknya. Yang bagian dagu, kalau dipegang rasanya sakit. Kayak mau ada bakal jerawat. Huaaaaa, kenapa jadi ada rombongan jerawat gini sih.

Gara-gara jerawatan nggak jelas itu, malah jadi berencana ganti dokter kulit lagi. Siapa tau obat yang dari dokter kemaren udah nggak mempan alias wajah saya jadi kebal. Tapi kalau setelah dipikir-pikir lagi, mungkin aja sih, saya jerawatan gitu karena breakout. Jadi ceritanya kan kemaren-kemaren saya kecentilan. Gara-gara wajah kusam, terus kecentilan pengen sok-sok pake scrub gitu. Pertama pake gula pasir. Tapi biasanya setelah scrub pake gula pasir, terus jadi jerawatan gitu paginya. Waktu itu, saya mikir, Oooh, pake gula kayaknya terlalu kasar deh. Ya udah, gulanya dicampur sama oatmeal. Katanya sih, oatmel itu cleanser yang bagus. ternyata sama aja, tetep aja paginya atau beberapa hari kemudian, bakal-bakal jerawat muncul. Pikir saya waktu itu, ok berarti gula nggak cocok. Tapi, karena masih kusam gitu, memutuskan buat pake oatmeal aja sebagai scrubnya. Sambil pake oatmeal itu, saya juga nyobain toner green tea-nya Viva. Katanya sih, si toner ini ampuh menghilangkan blackhead, whitehead sama komedo. Kalau diinget-inget, mungkin aja sih, jerawat saya muncul gara-gara nggak cocok sama scrub oatmeal dan toner green tea tadi. Dan kemaren habis baca-baca, ternyata memang nggak semua orang cocok pake oatmeal sebagai pembersih ataupun scrub. Dan saya termasuk golongan yang nggak cocok itu. Dan ada juga yang nggak cocok pake toner green tea. Yaah, mungkin aja, jerawat muncul, karena nggak cocok.

Setelah sadar, langsung pemakaian toner dihentikan. Tapi berhubung 3 jerawat di pipi masih meradang, akhirnya iseng-iseng dikompres pake air garam, karena katanya air garam itu antiseptik. Jadi sebelum mandi, di air hangat/suam kuku, ditambah garam. Setelah itu, dengan kapas saya kompreslah jerawat-jerawat itu. Sambil ditekan-tekan. terus saya tinggal mandi alias didiemin. Setelah mandi baru saya cuci lagi wajah pake air biasa. Pertama pemakaian, agak lumayan, meskipun agak gatel, tapi kayaknya sih udah nggak begitu meradang. Sorenya saya ulangi lagi, kompres air garamnya.

Besoknya, sama ibu saya direbusin sirih merah yang dicampur garam. Sebelum mandi, saya kompres lagi sambil ditekan-tekan lembut. Lumayan lho, radangnya udah berkurang. Jerawat yang paling kecil juga jadi kering dua hari kemudian. Dan setelah tiga hari, jerawat yang satu lagi udah keliatan matanya. Dan habis mandi, matanya keluar sendiri. Sementara jerawat yang paling gede, sekarang udah agak kempes, dan nggak meradang banget. Jadi si air sirih kayaknya cocok deh buat saya, biar jerawatnya segera sembuh. Dibantu juga sama obat jerawat sebelum tidur. Mudah-mudahan aja, jerawat-jerawat ini cepet ilang.
Bagi yang lagi problem jerawat, boleh dicoba dikompres pake air rebusan sirih. Bisa sirih merah atau sirih hijau. Buat cuci muka juga bisa. Karena kadang juga saya pakai cuci muka. Didiamin 10-15 menit, baru dibilas air biasa. Mudah-mudahan obat tradisional ini bisa mengusir jerawat-jerawat saya. Kan lumayan, nggak perlu ganti dokter.

You Might Also Like

0 komentar