Jangan Boros

15.38

Menulis ini, karena pernah khilaf (dan masih juga kayaknya) melakukan pemborosan...

Sejak punya gaji sendiri sementara pengeluaran-pengeluaran wajib macam pengeluaran untuk RT belum ada (kan saya masih sendiri dan tinggal sama ortu), saya pernah ngalami masa-masa euforia punya duit... Yah maklumlah, jaman sekolah dan kuliah uang saku terbatas. Jadi kalo pengen beli ini dan itu masih bersabar-sabar dulu, nabung dulu, ngumpulin duit dulu baru deh beli. Mau minta sama ortu pun nggak enak dan nggak tega, makanya dulu pas jaman kuliah dibela-belain mencari beasiswa, demi nambah-nambah uang saku.

Begitu kerja, dan ngrasain punya uang sendiri, euforia pun dimulai. Saya inget tuh, tahun kedua saya kerja di kantor ini, kan udah mulai tuh tugas-tugas luar, dan setiap pulang dari tugas, bisa dipastikan ada aja tentengan yang dibawa... Mayoritas sih baju-baju.... Ya abisn, kalo misalnya tugas ke Bandung apa Jakarta, pasti yang gampang diburu adalah baju. Secara di Jogja, kadang fashionnya kalah update dari dua kota itu... Apalagi, kalau di luar kota, saya pasti cenderung gampang banget buat ngluarin duit (padahal kalo belanja di Jogja diirit-irit). Hiks, kebiasaan buruk banget kan.

Alhamdulillah, masih bisa ngontrol, minimal nggak lebih besar pasak daripada tiang. Tapi emang saya ngrasa saya (dua tahun kemaren) boros banget... Paling boros sih urusan baju. Padahal yah, kalau dipikir-pikir, kadang saya belinya impulsif aja. Kadang alesannya adalah : "Ih lucu warnanya"... "Eh, modelnya lucu deh" atau "Eh, kayaknya bagus"... Udah sih alesannya itu doang. Soalnya setelah membolak-balik isi lemari, ternyata ada juga baju yang saya beli tapi kepakainya bisa diitung dengan jari. Kalo udah gitu, rasanya nyesel banget. Terus bilang sama diri sendiri, nggak akan belanja-belanja boros lagi. Tapi ya gitu, setiap tugas luar, jadi lupa deh...Baru deh tahun lalu mulai bertekad, nggak akan belanja dengan alasan impulsif... Kadang berhasil, kadang masih sering kebobolan juga... Tapi, ada progressnya sih... Nggak seboros dua tahun lalu... Mudah-mudahan sih tahun ini, bisa makin kenceng hematnya... (diaminin yah)

Jadi, sekarang setiap belanja dan lihat baju lucu, mantera yang selalu diulang-ulang adalah "Baju udah selemari, masak masih kurang" atau "beli terus tapi nggak pernah dipakai"... atau kalo kepikiran mau beli baju, selalu mengingat-ingat berapa banyak baju yang baru dipake beberapa kali doang...Kalau nggak, tujuan belanjanya dialihkan. Lumayan sih, kadang berhasil.... Mudah-mudahan tahun ini, bisa berhasil untuk nggak boros-boros banget (dalam hati, ngomong tuh sama wishlist yang bejibun, jahitan baju yang dobel-dobel karena dapat seragam, dan seribu kebutuhan lain)... Perempuah...perempuan, rempong banget yah....

You Might Also Like

0 komentar