Bertemu lagi dengan Flowchart

15.12

Minggu lalu saya dapet tugas dari bos, pertama sih cuma nulis job desc saya aja...eh ternyata habis itu disuruh menuangkan job desc yang berbentuk kalimat itu dalam bagan flowchart... Katanya sih untuk membuat prosedur baru.... Menceritakan job desc dalam bentuk kalimat sih, bisalah ya... tapi kalau suruh buat flowchart juga?????? Langsung deh mendadak bingung...


Bukannya saya belum pernah kenalan sama sekali lho sama flowchart.... Dulu udah pernah kenalan... Ya kira-kira beberapa tahun lalu pas jaman kuliah SIA alias sistem informasi akuntansi... Nah di mata kuliah itu, diajarin deh cara menggambarkan sebuah sistem dalam bentuk bagan flow chart... Harusnya, kalau udah pernah belajar, ya nggak ada masalah kan.... Nah, itu dia masalahnya... Ilmu dari jaman kuliah dulu nggak nyantol sama sekali di otak saya ini... Hiks, kebangeten ya... Lha, terus kok bisa nggak masuk??? emang waktu kuliah dulu, ngapain aja?

Tarik nafas...keluarin nafas
Jadi gini cerintanya, kenapa kok ilmu jaman kuliah nggak nyantol sama sekali... Waktu itu, setiap awal semester kan kita selalu disuruh milih mata kuliah... Nah, SIA itu termasuk mata kuliah yang wajib diambil (anak-anak akuntansi pasti tau deh, matkul yang wajib diambil apa aja).. Kalau nggak salah inget, waktu itu kita cuma diberi 2 pilihan dosen aja Mr. A dan Mr. S, jadi cuma akan ada dua kelas.. Berhubung kita mendengar kabar berita (yang tidak dapat diyakini kebenerannya) kalau Mr. S itu ngajarnya nggak enak, nggak ngedongin dan lain sebagainya.. Ya udahlah, saya sama temen saya nekat mengambil kelasnya Mr. A. Agak-agak lupa nih, kayaknya dulu beredar kabar yang sama deh tentang beliau.. Kenapa saya tetep keukeuh ngambil kelasnya Mr. A padahal udah tau nggak enak... Dan dosen yang nggak enak dalam ngejelasin itu berpontensi membuat saya juga nggak dong materinya... Alesan tambahan kita tetep mengambil kelas Mr. A, karena...karena...beredar kabar pula kalau Mr. A ini masih muda, putih, cakep pula (tutup muka) Hiks....alesan tambahan yang sungguh amat cetek sekali.... Ya, namapun anak muda... Soalnya pembagian dosen untuk semester-semester awal dulu adalah dosen-dosen senior... Jadi ya gitu deh, tahu sendiri kan dosen senior... Pinter sih pinter tapi suasana di kelas kadang bosen juga... Makanya, begitu mendengar ada dosen yang masih muda dan (katanya) cakep, makanya kita ambillah kelasnya, dengan pikiran, minimal kalau dosennya cakep, kan bisa cepet masuk juga tuh teori-teorinya (apa pula hubungannya). 

Begitu kelas pertama di mulai. Semangatlah kita ke kelasnya... (Inget banget tuh) hari pertama kuliah menunggu si Mr. A di kelasnya... Dan pas beliau masuk, gubrak, semua yang dibayangin menghilang seketika... Beliau masih muda-lah (sekitar 30-an umurnya), lumayan cakep tapi nggak putih.... Dan, beda juga dari bayangan saya... Ketika beralih ke materi, ya udah bisa ditebaklah, kalau (khususnya) saya nggak dong sama sekali... Kalau cuma bikin shape bisalah... Tapi, waktu itu yang nggak dipahami adalah alur sistemnya... Mana si bapak ini tidak banyak membantu... Beliau pinter, tapi mungkin bukan tipe yang pinter mengajar. Kan ada tuh orang yang enak banget ngajarnya (dan saya cocoknya sama orang yang kayak gini), ada juga yang pinter tapi susah buat ngajarin orang lain. Meskipun hasil nilai akhir, nggak jelek, tapi ya itu, ilmunya nggak nempel di otak... Cuma sekedar lewat aja. Terus, apa kabar kelasnya si Mr. S... Kayaknya sih nggak jauh beda ya... O, iya, kenapa dulu pas kuliah saya nggak cepet dong sama mata kuliah (termasuk SIA ini). Karena kebanyakan dosen kita dulu, suka dan hobi banget nyuruh kita presentasi per kelompok. Jadi setiap kelompok akan presentasi satu bab. Harapannya, mungkin biar si mahasiswa belajar sendiri dan mandiri ya. Tapiii, sayakan orangnya tipe yang harus dijelasin gitu... Nggak bakal ngerti, kalau disuruh belajar sendiri... Dan juga harus ada simulasi atau prakteknya... Nggak bakal dong, kalau cuma teori doang... Berhubung sistem kuliahnya model presentasi, dan yang presentasi mahasiswa (yang mungkin belum paham-paham banget), jadi materi kuliahnya ya nggak masuk deh... Termasuk di kelas SIA ini... Baik di kelas Mr. A dan Mr. S, sistemnya sama. Sama-sama disuruh presentasi. Meskipun nggak paham-paham banget di kelasnya Mr. A, eh, di semester berikutnya, saya masih ngambil juga kelasnya beliau untuk pelajaran SIA 2 (dengan alasan utama, si Mr. A ini nggak pelit ngasih nilai.. Minimal nilai B, bisalah)... Jadi SIA ini ada dasar sama lanjutan. Dan dua-duanya mengambil kelas dosen yang sama. Jadi hasilnya,ya gitu...yang dasar aja nggak paham apalagi lanjutannya.

Begitulah ceritanya, kenapa saya yang pernah belajar bikin flowchart, tapi nggak bisa-bisa juga bikin flowchart sendiri... Dan, senior di kantor juga nggak ngerti kalau ditanyain... Jalan terakhir mencari di google... Dapet sih, meskipun harus memadukan disana-sini... Akhirnya jadi sih, tapi ternyata malah nggak jadi dibuat sebagai prosedur (gubrak)... hahahahaha.... malah bersyukur, karena flowchart bikinan saya, agak-agak ngaco dan malu juga kalau ditampilkan... Ya sudahlah, yang penting jadi nambah pengetahuan baru kan...

You Might Also Like

0 komentar