Homemade Skincare Remedies

15.41

Hola, udah lama nggak nulis disini... Eh tau-tau udah puasa hari ke-9... Nggak nyangka yah, berasa cepet aja... Mumpung, ada waktu luang, sebelum terancam nggak bisa menikmati week end minggu ini, karena ada kerjaan tambahan, jadi disempet-sempetin nulis dulu...

Masih inget nggak cerita saya soal jerawat yang menyerang tiba-tiba dan gede-gede... Nah, sebulan yang lalu, terulang lagi tuh, tiga jerawat muncul sekaligus... dan nggak mempan diobatin pake obat jerawat dari dokter... Di tengah kegalauan akibat jerawat, akhirnya pas ngenet, nyantol lagi di forumnya FD yang homemade remedies... Baca beberapa post di situ, jadi tertarik sama pengobatan jerawat dengan kunyit.... Soalnya, katanya kunyit kan antibiotik alami jadi ampuh deh buat mengobati jerawat... Dengan mengucap Bismillah, dan nggak berharap terlalu banyak, akhirnya dicobalah marut kunyit, terus ditemplokin ke jerawat semaleman... Eh, paginya, pas bersihin muka, jerawat yang tadinya nggak mateng-mateng, akhirnya mateng juga... Dan kulit sekitarnya yang menghitam karena kering, ikut terkelupas deh... Jadi tampilan wajah nggak kotor-kotor amat... Akhirnya dirutinin pake parutan kunyit itu, dan dalam waktu seminggu-an, dua dari tiga jerawat udah pergi dengan meninggalkan bekas (bekasnya dipikirin ntar, yang penting jerawatnya udah pergi duluan)... Kalau yang satu, sampai sekarang sih nggak keluar mata-nya (dan saya curiganya masih ada lemak jerawat di situ), cuma jadi kempes aja... Setelah berhasil dengan kunyit, akhirnya mencoba resep homemade yang lain.. Ada yang berhasil, ada juga yang enggak... Resep-resep yang pernah saya coba

1.Kunyit Parut
Setelah berhasil dengan tiga jerawat tadi, kali lain ada jerawat langsung ditemplokin... Memang nggak instan hasilnya, tapi lebih cepet daripada pake obat jerawat dari dokter... Dan senengnya, kalau ada jerawat yang baru mau muncul, ditemplokin kunyit, paginya si calon jerawat nggak jadi muncul. Cuma kalau untuk komedo, whitehead dan blackhead, sayangnya nggak ngaruh... Kalau di saya, biasanya pakai parutan kunyit ini ditemplokin ke jerawatnya semaleman... Biar nggak jatuh-jatuh, ditutupin pake kassa steril.
2. Kunyit parut ditambah jahe parut untuk jerawat
Hasilnya sih sama dengan pemakain kunyit single use, cuma kalau ditambahin jahe jadi berasa anget menjurus ke panas.
3. Baking soda
Dari baca-baca di FD, katanya scrub baking soda bisa ngilangin komedo. Tapi sayangnya di saya, nggak berhasil. Si komedo masih betah nangkring di hidung... Cuma pas pake, berasa panas, makanya nggak berani pake lama-lama di muka. Karena nggak ada efek apapun, nggak saya lanjutin deh.
4. Kopi
Kopi disini saya fungsikan sebagai scrub... Caranya gampang, cuma kopi dicampur air mineral dikit, terus diaduk jadi pasta, digosokin ke wajah, leher, kadang ke kaki sama tangan sekalian... Hasilnya sih saya suka... moist gitu, terus di wajah kerasa seger... Kadang, si kopi ini saya jadiin masker juga...
5. Coklat bubuk ditambah kunyit bubuk
Ini eksperimen terbaru nih... Jadi setelah scrub pakai kopi, saya pakai masker yang dibuat dari coklat bubuk ditambah kunyit bubuk. Terus dicampur pake air mineral, sampai jadi kayak pasta gitu, dioles deh ke wajah.. Hasilnya, kulit jadi kerasa moist, terus berasa seger dan bersih banget... Dan yang bikin takjub, dari selesai pakai sampai pagi-nya minyak di daerah hidung sama dagu jadi lebih terkontrol.... Cuma karena kemaren pakenya hanya sebentar, belum tau deh, efeknya buat komedo, apakah bisa mengurangi atau nggak.
6. Air Garam
Air garam ini, dulu saya pakai untuk kompres jerawat, biar isinya keluar... Ada sih dua kali berhasil... JAdi, kalau jerawat itu belum keluar semua isinya, dia masih bisa ketarik sama larutan air garam ini... Setelah kenal sama kunyit, sekarang jarang banget pakai air garam untuk jerawat

Beberapa dari bahan itu yang saya coba (dan cuma no 1, 4 sama 5 yang rutin)... Sejauh ini, Alhamdulillah, cukup berhasil di wajah saya... Kenapa cuma empat, ya karena yang menurut saya itu sudah cukup praktis... Kan misalnya beli masker atau scrub di supermaket, kalau bosen atau nggak cocok, jadinya mubazir... Kalau ini, misalnya nggak cocok atau males, ya masih bisa kepakailah, jadi lebih ngirit... Dan Alhamdulillah, efeknya jauh lebih aman daripada skincare yang banyak bahan kimia-nya. Ntar, kalau ada regimen baru yang saya pakai, Insya Allah saya tulis lagi disini...

You Might Also Like

0 komentar