Saya dan Kolestrol

11.00

Masih ingat nggak cerita saya tentang tes kesehatan di kantor. Nah kan disitu saya sempet cerita, kalau kolestrol saya poinnya sudah di atas 200. Pas laporan ke ibu saya, beberapa hari kemudian, ibu saya langsung mengeluarkan permintaan buat tes kolestrol beneran (maksudnya di lab yang jauh lebih valid). Karena saya juga penasaran sama kadar kolestrol saya dan juga berharap kolestrol saya, angka sebenarnya di bawah 200 (dari cerita temen-temen yang lain, pas tes di kantor di atas 200, eh ketika tes di lab malah di bawah 200). Akhirnya, beberapa bulan yang lalu, saya melakukan pengecekan kadar kolestrol.

Dua hari kemudian hasilnya keluar. Di luar dugaan, ternyata kadar kolestrol saya jauh lebih tinggi dibandingkan hasil periksa di kantor itu.... Kaget sih, tapi mau gimana lagi.. Karena menurut ibu saya, di usia saya yang sekarang (rentang 20-an), kolestrol segitu sudah nggak bagus, maka sama dokter diresepkanlah obat untuk menurunkan kadar kolestrol, yang harus diminum 20 hari. Selain itu, saya harus mengatur pola makan dan mulai olahraga.... Olahraga???? zzzzzzz.... Saya kan paling anti sama olahraga. Satu-satunya olahraga yang nggak saya tolak cuma berenang. Untuk yang lainnya, ya gitu deh, banyakan mengeluhnya... Intinya, saya ini sama sekali orang yang nggak suka sama yang namanya olahraga. Ta..ta..tapi demi penurunan kadar kolestrol, mau nggak mau ya harus saya lakukan. Jadi, misi penurunan kadar kolestrol dimulai dengan obat penurun kadar kolestrol, mengatur pola makan dan olahraga.... Bonusnya sih, saya mengharapkan bobot badan balik ke jaman kuliah semester 1 (hahahaha) terus supaya jerawat-jerawat di muka saya menghilang (setelah saya pikir-pikir, jangan-jangan jerawat yang nggak sembuh-sembuh ini, ya karena kadar lemak di badan saya cukup tinggi. Jadilah dikeluarkan dalam bentuk jerawat). Jadi, target dari misi ini ya tiga juga, kolestrol jahat turun, berat badan turun, jerawat berkurang atau menghilang sekalian...

Cara pertama, dengan obat penurun kadar kolestrol
Saya diresepkan 20 butir, untuk diminum selama 20 hari. Kayaknya sih memang berhasil turun waktu itu...

Cara kedua, dengan mengatur makanan.
Fiuhhh bingung  mulai darimana ceritanya. Jadi, pengaturan makanan ala saya (dan dari ibu saya adalah) mengurangi gorengan dengan cara lauk-lauk diolah dengan cara dikukus, ditumis, direbus, dan dipanggang. Mengurangi gorengan bukannya tidak mengonsumsi sama sekali lho, tapi membatasi. Dan sebisa mungkin makan gorengan hasil gorengan sendiri di rumah yang jelas kualitas minyak gorengnya. Terus, mengurangi (dengan sangat) konsumsi kue, cake dan es krim... Jadi, kedengerannya gampang atau susah tuh kalau begitu? Kalau menurut saya, susah-susah gampang (tapi banyakan susahnya).
Awal-awal sih, saya masih semangat. Setiap ibu saya mau bikin lauk, rikues dari saya ya olahan kukus, tumis, panggang tadi. Seminggu dua minggu pertama masih tahan, tapi lama-lama saya bosen banget... Gimana nggak bosen, saya ini kan penggemar gorengan... Awal-awal sok-sokan nih nggak mau makan gorengan sama sekali... Lama-lama nggak kuat juga. Apalagi kalo ada pisang goreng terhidang di meja. Siapa yang nggak ngiler coba... Jalan keluarnya, ya tetep sih makan lauk yang digoreng (tapi yang digoreng sendiri) dan dibatasi jumlahnya... Saya juga kadang menerapkan cheating day. Jadi hari kerja senin sampai jum'at, makan dibatasi. Nah sabtu-minggu agak longgarlah.
Karena menurut ibu saya, tersangka utama kolestrol tinggi adalh cake, roti dan es krim, maka saya bener-bener harus mengurangi banget. Awal-awal sih masih nggak apa-apa tuh nggak makan. Tapi ketika ada roti coklat dan brownis di depan mata, kan jadi kepengen juga... Akhirnya tetep nyolek-nyolek dikitlah... Apalagi kalau habis rapat, kan suka ada snack box tuh, bener-bener deh menggoda pertahanan kan.... Akhirnya jalan tengah, kalau lagi kepengen ya saya makan roti tawar.... Dimakan polosan gitu aja atau dicelupin teh.
Selain mengurangi gorengan dan roti-rotian, saya mencoba banyak makan sayur dan buah... Kalu sayur mah udah masuk dalam menu makan ya...Kalau buah, nah itu yang jadi PR... Saya kan paling males kalau harus ngupas-ngupas dulu... Akhirnya, cara terpraktis adalah beli buah dalam bentuk jus... Dan kalau beli gitu, pesen ke yang jual, adalah jus tanpa gula, tanpa susu dan tanpa es... Kadang kalau nggak sempet beli, ya cukup makan pisang aja...

Cara ketiga adalah olahraga
Ini nih, yang paling males dilakukan... Berhubung saya ini paling males olahraga, akhirnya dicarilah olahraga yang minimal saya nggak bete-bete banget kalau harus njalaninnya... Akhirnya, setelah baca sana-sini, ternyata sekarang ada olahraga yang lagi ngetren, yaitu zumba... Tapi daripada ikut-ikut gym gitu, saya pilih yang paling ngirit aja, download video-video zumba dari youtube... Dan dikombinasikan sendiri berapa lamanya... Minimal, sekali olahraga adalah 30 menit... Kalau bisa sih lebih dari itu... Tapi, setelah rada bosen sama zumba, akhirnya mencoba HITT... Dan hasilnya, lebih bikin berkeringat, dengan waktu yang jauh lebih singkat...

Dan kombinasi dari semuanya adalah, berat badan dan kadar kolestrol turun... Alhamdulillah... Meskipun masih di atas 200, tapi udah turun dong... Badan berasa lebih enteng, dan baju-baju juga mulai longgar... Untuk mencapai target poin kolestrol di bawah 200, masih PR tersendiri...

Sayangnya, semua rutinitas itu rusak sampai 3 minggu sebelum puasa, karena saya ada diklat di luar kantor, yang acaranya di hotel... Tahu sendirilah di hotel, makanannya gimana... Karena jam diklatnya dari pagi sampai malam, maka dadah dadah juga deh sama olahraga... Selesai diklat, disambut dengan puasa... Kalau pas puasa, makanannya lumayan agak-agak bisa dikontrol... Tapi makan gorengan malah jadi jalan terus, hiks... Secara, tiap buka, selalu ada gorengan (meskipun digoreng sendiri)... Untungnya masih ada buah... Akhirnya, si gorengan diimbangin dengan buah... Tapi, nggak tau juga, apakah ngefek atau nggak...

Sampai lebaran tiba... Diet turun kolestrolnya gagal total... Ditandai dengan pundak pegel-pegel tanda kolestrol naik... Dan timbangan naik 1 kilo... Hiks...hiks... sedih... Tapi ya gitu, mau balik lagi ke pola makan jaman menurunkan kolestrol ternyata jadi berasa berat banget... Apalagi, selama puasa sampai lebaran saya sama sekali nggak pernah olahraga (alesannya, karena lagi puasa, terus laptop saya mendadak rusak).... Terus, tiap acara senam di kantor juga nggak pernah ikut...

Setelah segala macam tanda, kalau harus memperbaiki pola hidup, akhirnya beberapa minggu terakhir, mencoba kembali ke pola diet untuk menurunkan kolestrol... Tapi, belum sama kayak diet saya beberapa bulan lalu... Sekarang paling tiap makan dibanyakin sayurannya aja... Si sayuran pun diolahnya simpel banget... Cuma dikukus dan dikasih sambel... Kalau ditanya rasanya, ya sampai sekarang di lidah saya ini nggak ada enak-enaknya sama sekali... Tapi demi turunnya kolestrol (dan berat badan), ya ditahan-tahanin, hahahaha... Pantesan ya, sebelum puasa itu, berat badan saya bisa turun... Lha, kalau dipikir-pikir makanan saya dulu kan nggak ada enak-enaknya...

Untuk olahraga, baru beberapa miinggu juga mulai memaksa diri untuk olahraga. Awalnya ikut yoga di kantor... Tapi, karena jadwalnya jadi nggak pasti, akhirnya download aplikasi Daily Yoga di play store... Lumayan deh, untuk olahraga sendiri di rumah... Untuk zumba-nya belum pernah nyoba lagi, soalnya laptop saya ganti hardisk... dan semua data video downloadan, ilang, nggak bisa diselamatkan.... Rencananya sekarang, si yoga dikombinasikan sama HITT aja... Kita liat aja deh, komitmen saya sama olahraga ini berapa lama...

Untuk sekarang, tujuan saya adalah kolestrol turun, terus lingkar pinggang jangan nambah lagi, soalnya ntar celana baru saya nggak muat hahahahaha... Yang pasti sih, biar lebih sehat lagi... Mudah-mudahan komitmen saya sama program penurunan kolestrol ini bisa terjaga deh...


You Might Also Like

0 komentar