Packing Cepat

09.14

Alhamdulillah, disuruh tugas ke luar kantor, tapi karena pekerjaan udah diselesaikan kemaren seblum berangkat, jadi disini kerja ketika dibutuhkan saja.... Alhamdulillah..... berarti bener kata temen saya, saya disini disuruh "liburan"... Yah, anggep aja, jawaban dari doa saya kemaren itu hihihi yang butuh jauh-jauh dari suatu hal dulu.... Padahal awalnya udah nolak-nolak (karena capek, masak seminggu sekali check-in di kota yang berbeda-beda selama 3 minggu berturut-turut) dengan alasan pekerjaan lain yang nggak kalah pentingnya, tapi pekerjaan yang penting itu disuruh cepet-cepet nyelesaiin, sampai dikasih kesempatan nggak berangkat bareng rombongan yang lain, tapi nyusul aja... Akhirnya, ya sudahlah... diikuti saja... kata temen saya, anggep aja saya disuruh berlibur... Hehehehe, dan saya sekarang Alhamdulillah menikmatinya.... bye...bye dulu sama pak bos yang lagi pusing sama audit tahunan di kantor... kan kata bapak saya disuruh tugas keluar dulu... Jadi, saya disini dulu ya pak.....

Karena dalam waktu 3 minggu berturut-turut, berpindah-pindah tempat, alhasil saya jadi rada-rada males buat packing... koboi banget deh, kemaren-kemaren, sehari sebelum bahkan beberapa jam sebelum berangkat, baru packing... Beda banget sama dulu, pas awal-awal disuruh tugas luar, packingnya ribet, harus ditulis dulu apa aja yang harus dibawa dan berapa banyak... Tapi makin kesini, makin santai... Apalagi kalau perginya cuma 3-4 hari... Packing kilat pun Alhamdulillah bisa...

tapi, ya packing kilat pun ada trik-triknya lho ya... Nggak asal, masukkin barang-barang ke travel bag... Jadi, saya mau bagi-bagi trik saya, kalau packing untuk 3-4 hari... Tips abal-abal sih, berdasarkan pengalaman aja selama ini... Jadi panduan saya dalam packing kilat adalah:

1. Pisahkan baju yang dibawa buat tugas, sama yang dipakai sehari-hari buat ke kantor...
Jadi, saya itu memisahkan, mana baju yang dipakai buat sehari-hari ngantor, mana yang buat tugas luar... kan namanya dinas luar, otomatis mewakili kantor, jadi outfitnya pun ya rada-rada "wangun" dikitlah... yah, meskipun kadang bandel juga sih, baju yang buat dinas luar ini, kadang-kadang saya pakai juga ke kantor, tapi jarang... Hal ini juga berlaku buat underwear... Jadi, di lemari pakaian udah saya pisah tuh... Sewaktu-waktu surat tugas datang, tinggal diangkutlah para underwear ini masuk ke travel bag... Biasanya saya sedianya untuk pemakaian seminggu..
Trik lainnya sih, bawa baju yang nggak terlalu tebel dan nggak gampang kusut... Berguna banget, kalau dijejalin dalam travel bag nih (kebiasaan yang sungguh buruk)... Apalagi, kalau misalnya cuma 3-4 hari dan pakai pesawat, saya cuma bawa 1 ransel dan 1 tote bag ukuran kecil (males masukkin ke bagasi), jadi harus pinter-pinter tuh menghitung baju yang dibutuhkan...
O, iya, berhubung saya lebih suka bawa handuk sendiri, pilih handuk yang kecil aja... Jadi bisa digulung-gulung... Kenapa nggak pilih handuk dotel, errr ya, karena saya berasa nggak tega makainya... Lagipula pesennya ibu saya juga gitu, bawa handuk sendiri aja. Karena, kan kalau handuk hotel kita nggak tau udah dipakai sama siapa aja, meskipun udah dicuci.... Sama sih kayak selimut hotel... Tapi kan kalau selimut hotel nggak nyentuh langsung kulit. Sementara handuk kan langsung menyentuh kulit... jadi, meskipun di banyak tips dan trik packing selalu menyebutkan untuk pakai handuk yang disediakan dari hotel, saya pilih bawa sendiri.. Toh, milih sjs hsnduk ysng kecil dan nggak terlalu tebel...
2. Rumus untuk membawa baju buat saya, adalah hari pergi ditambah satu...
Jadi, kalau pergi 3 hari, paling cum bawa 3 atau empat baju... karena biasanya kegiatan di meeting room gitu kan nggak berkeringat, jadi awet dipakai seharian... Atau bisa juga pakai baju yang bolak-balik motifnya beda... Kebetulan saya punya... jadi misalnya hari pertama pakai sisi luar, ntar hari terakhir pakai sisi dalamnya... Dan itu sangat menghemat bawaan... untuk bawahan, saya selalu bawa warna gelap dan paling sering ya warna hitam. Karena warna hitam cocok dipadukan pakai warna apapun...
3. Menyiapkan toiletries tersendiri..
Sama kayak trik nomor 1, untuk toiletries, saya udah punya yang ukurannya mini-mini, khusus dibawa kalau pergi-pergi gini... Biasanya di hotel disediain sih, tapi sayangnya saya lebih suka bawa sendiri... kan ada tuh pasta gigi yang ukuran mini... untuk body wash, pakai yang ukuran kecil, atau bawa body wash untuk bayi... untuk sikat gigi, ada kan sikat gigi yang bisa dilipet.... Untuk kosmetik, juga diusahain bawa yang kemasan kecil-kecil aja (belum sampai menyiapkan sendiri sih)... Untuk obat-obatan, saya juga menyiapkan khusus dan ditaruh di make-up pouch yang nggak diutak-atik...
4. Untuk sepatu, bisanya saya pilih sepatu yang sekalian nyaman buat jalan... Yang jadi pilihan saya sekarang yang modelnya open toe dengan hak cuma 3 cmmm. Masih terbilang sopan dan nyaman buat jalan... Nah, si sepatu ini dipakai sekalian pas berangkat.. jadi nggak perlu dimasukkan ke tas bawaan...
5. Survey lokasi tujuan
Survey ini berguna banget untuk mengetahui kondisi udara... Tapi meskipun tempat tujuan nggak berudara dingin, saya selalu bawa cardigan, dan dipakai saat berangkat... Di pesawat kan dingin ya... Kalau dingin lagi, bawa pasmina atau syal sebagai penghangat..

Biasanya sih trik-trik itu, cukup membantu saya buat packing kilat... Yang penting, yang udah disiapkan khusus macem toiletries dan obat-obatan serta charger nggak dipindah-pindah... kalau untuk pergi yang lebih lama, baru deh agak ribet dikit, dengan bikin list dulu... Lagian, kalau perginya lama, kan barang yang dibawa juga lebih banyak. Tapi untuk baju, saya cukup bawa untuk seminggu pertama aja, karena saya milih selalu nyuci baju di tempat tujuan... Untuk sabun cucinya, sekarang lebih milih sabun mandi daripada sabun cuci sachetan, karena lebih bersih dan lebih gampang dibilas... Toh, baju saya juga nggak tebel-tebel amat...
Sekin, tips abal-abal dari saya... Semoga sih bisa nambah referensi dalam hal packing kilat ya...

You Might Also Like

0 komentar