Berburu kain

12.40

Beberapa minggu lalu, pas saya lagi di tanah Sumatera sana (cerita tentang ini udah ada di draft, cuma belum selesai), di sms sama temen saya. Katanya sih, saya diminta jadi penjaga buku tamu acara ngunduh mantu anaknya temen kantor... Sama temen saya juga di-email contoh kainnya... Begitu liat contoh kainnya, udah mikir, pasti susah nih, dibikin kebaya.... Dan sepulangnya ke kantor, ngliat kainnya langsung, eh beneran dugaan saya... Model kainnya sih bagus, tapi kayaknya kurang cocok deh dijadiin model kebaya... Waktu saya ke penjahit pun, si penjahitnya bilang, kalau model kaiinya itu sulit untuk dibikin model kebaya seperti yang saya pengen... Karena si bahan itu, motifnya dikit... Jadi lebih banyak bagian polosnya daripada motifnya... Paling banyak cuma motif bagian bawah aja... Padahal, saya lagi pengen bikin kebaya dengan model full aplikasi di bagian dada dan punggung... Akhirnya, sayapun berinisiatif mau nyari kain tambahan buat nambahin aplikasi di bagian dada, lengan atas dan punggung (soalnya penjahitnya nggak mau dititipin, hiks).
Maka, di suatu hari Minggu yang panas, niat buat ngadem ke mall pun, akhirnya beralih buat nyari kain di sepanjang jalan Solo (padahal alesan sebenernya, parkir di mall itu udah penuh). Sesuai saran dari penjahit, akhirnya masuk ke toko Ganesha... Katanya sih disana murah-murah... Sampai sana, disuruh ke bagian brocade dan tile... O, iya, tadinya saya mau bikin brocade buat aplikasinya, tapi kata mbak-mbak di sana, lebih bagus bahan tile, kalau untuk aplikasi gitu.... Dengan kondisi ruangan yang penuh oleh bahan-bahan, dan pengunjung yang belinya banyak, sayapun agak dicuekin... Kata adik saya, muka saya nggak cocok kalau mau beli kain hahahaha... Setelah tanya sana-sini, akhirnya ditawarin kain yang terdiri dari engkol (pinggiran kebaya)... tapiii, warnanya nggak ada yang cocok... Kalaupun ada yang mendekati, motifnya dangdut sekali... Saya kan nggak suka... Terus, tanya kain tile yang murah aja... Sayangnya di bagian kain tille dengan harga di bawah 30ribu per meter, nggak ada warna yang cocok... Akhirnya beralihlah ke toko lain... Nglewatin toko Mumbay, tapi nggak masuk... Saolnya kain di sana kan lumayan harganya... Padahal saya nyarinya kain, dengan harga yang murah aja, cuma buat aplikasi ini... Akhirnya ke sebelahnya, ke Toko Megah... Serius deh, koleksi kain tille di sana cantik-cantik sekali... Tapi, ada harga memang ada harga rupa... Kain-kain cantik itu, harganya pun nggak masuk budget saya... Akhirnya, melipir lagi ke toko lain... Masuklah ke toko kain lain (tapi lupa namanya).... Langsung disambut sama yang jaga... Dari awal, saya udah bilang mau cari kain tile yang murah aja buat aplikasi kebaya... Dan ternyata, memang kalau mau nyari kain tile dengan motif yang banyak itu, harga per meternya di atas 30 ribu... Kalau mau murah, ya motifnya sedikit.... Akhirnya setelah nanya sana-sini sampe mas-nya agak sebel, sayapun memilih kain warna emas (o, iya nyocokin warna kain ini juga susah banget lho), yang agak lumayan motifnya... Harganya, cukup 19.900 rupiah per meter... Sayapun memutuskan untuk beli 1,5 meter saja... Meskipun tokonya kecil, tapi kain-kain yang ditawarkan juga cantik-cantik lho... Variatif pula harganya... Ada tile cantik, udah ada payetnya dan motifnya lumayan banyak, harganya 65.000 per meter... Cukup terjangkau kan... Sebenernya, kemaren saya banyak naksir kainnya yang harganya mulai dari 50-an ribu per meter... Motifnya itu, udah lumayan cantik... tapi, sekali lagi sayangnya nggak masuk budget...
Dari, hasil perburuan kain kemaren, akhirnya saya ambil kesimpulan sendiri. Kalau mau bikin kebaya dengan model aplikasi-aplikasi macam kebaya rancangan desainer-desainer itu, carilah kain yang motifnya banyak... Bagus lagi, kalau engkolnya ada di atas dan bawah kain... Bisa ambil tile atau french lace atau semi prancis, ditambah dengan tile polos, jadilah kebaya macam di majalah itu.. Perburuan kain kemaren, lumayanlah buat bekal saya, kalau suatu saat saya mau berburu kain buat dijadikan kebaya...

You Might Also Like

0 komentar