Khasiat Tomat (Homemade Skincare Lagi)

10.00

Semoga belum bosen ya, sama pembahasan seputar masalah jerewi lagi... Habis, sampai sekarang, sayapun masih berjuang memerangi jerewi-jerewi yang membandel ini.... Jadi, harus mencari segala cara, biar jerewi-jerewi itu jauh-jauh dari wajah saya...
Selain masalah jerawat yang nyebelin itu, hal lain yang nggak kalah menyebalkan adalah bekasnya... Bukan hanya bekas yang berbentuk scar, tapi juga bekas yang berbentuk noda. Ditambah lagi, tipe muka saya kan kombinasi tuh, dengan minyak yang rada berlebih di daerah T.... Scrub seminggu sekali pun, nggak cukup untuk menyingkirkan komedo-komedo kecil-kecil (atau bisa disebut juga whitehead) di area pipi, hidung, sama dagu.... Kombinasi bekas jerawat dan komedo itulah yang bikin wajah saya jadi kelihatan kusam dan dekil... Dulu sih, sama dokter kulit diresepin serum vitamin C buat ngilangin bekas jerawat... Hasilnya, ya lumayanlah, wajah jadi agak nggak kusem... Tapi bekas jerawat yang berupa flek item, masih kelihatan... Sama si komedo juga masih muncul terus... Cuma, karena sekarang udah nggak diresepin lagi, jadi balik kusem lagi...
Sebel, sama kondisi kulit yang begini, akhirnya ngubek-ngubek lagi forum homemade skincare remedies di FD, dengan harapan dapat pencerahan.... Sampai mata saya membaca tentang tomat.... Ada yang menulis, kalau kulitnya jadi lebih cerah, pori-pori mengecil, komedo menghilang karena dia rajin pakai tomat... Siapa yang nggak tertarik dengan iming-iming wajah bebas kusam, pori-pori mengecil dan bebas komedo kan... Akhirnya, sore-sore di rumah, nyari-nyari tomat di kulkas buat diolesin di wajah... Ditambah pesan sponsor ke ibu saya, pas belanja di tukang sayur jangan lupa beli tomat, soalnya mau saya jadiin masker... O,iya sebenernya dari dulu sih, ibu saya udah bilang buat rajin maskeran pakai tomat biar wajah jadi bebas kusam... Tapi, ya gitu deh, kebiasaan buruk, kalau ibu sendiri yang bilang, nggak percaya... Baru setelah ngliat hasilnya di orang lain baru percaya.
Regimennya sendiri, kalau saya gampang sih... Tomat dari kulkas, setelah dicuci bersih, dibelah-belah jadi 1/3 atau 1/4, terus langsung diolesin di wajah (kalau di saya, 1/3 itu cukup buat satu wajah. Sisanya disimpan lagi di kulkas buat dipakai besok)... Biasanya saya ngambil yang bagian lendir-lendir deket bijinya itu lho... Jangan lupa, wajah udah harus dibersihkan dulu... Habis itu diidemin sekitar 2-3 jam... Biasanya, saya pakai habis Magrib, sampai mau tidur malem, baru dibilas pakai air aja, tanpa sabun... Dan, pakainya pun setiap hari...
Karena dari bahan alami, hasilnya nggak instan ya... Dulu, pas pakai selama 2 minggu aja, belum begitu kelihatan hasilnya... Dan, saya hampir menyerah... Tapi, ya akhirnya tetep dilanjutin sampai sekarang hampir 2 bulan... Kalau sekarang sih, efek yang kerasa di kulit, bekas jerawat berupa flek hitam banyak yang udah mulai pudar, kulit wajah juga jadi nggak kusam lagi, terus komedo udah jauh lebih berkurang. Kalau pori-pori masih belum mengecil nih, sama jerawat juga masih muncul. Tapi untuk jerawat, lumayan berkurang... Awal-awal yang dua minggu itu, kayaknya saya juga pakai acara penyesuaian dulu, alias masih muncul jerawat dimana-mana... Cuma, sekarang udah jauh lebih mendingan...
Kondisi kulit yang membaik, mungkin karena kandungan vitamin C di tomat tinggi, jadi membuat wajah jadi lebih cerah... Terus, mungkin karena dia juga bisa bersifat eksfoliasi sel-sel kulit mati, jadi bekas jerawat san komedo pun jadi berkurang... Mungkin wajah saya, tipe-tipe yang harus dieksfoliasi setiap hari, soalnya kan berminyak... Meskipun si tomat ini bersifat eksfoliasi, tapi scrub seminggu sekali juga tetep butuh lho (soalnya pernah absen, nggak di-scrub wajahnya, alhasil komedo kecil-kecil balik lagi deh)... Jadi, masker tomat, untuk saat ini, benar-benar ngasih efek positif buat saya... Semoga sih, nggak kumat malesnya...
O, iya, karena si tomat ini belum ngefek banget ke jerawat di wajah saya, akhirnya balik lagi ke kunyit... Soalnya, kemaren saya lagi diserang sama jerawat hormon, yang mati satau yang lain tumbuh... Obat jerawat dari dokter pun nggak mempan... Akhirnya balik lagi pakai kunyit... Dan dalam waktu 3-4 hari, si jerawat udah hilang dong, meskipun pakai fase, maaf, bernanah dulu... Jadi, untuk saat ini, yang lagi rutin saya pakai adalah tomat dan kunyit... Dan Alhamdulillah, cocok untuk saya...

You Might Also Like

0 komentar