Lupa sama Pelajaran Kuliah

11.45

Hiks, saya jadi malu mau nulis ini....
Jadi kan ya, dari SMP saya memang pengen kuliah di jurusan akuntansi. Soalnya, biar bisa kerja di bank. Kenapa pengen kerja di bank, karena duitnya banyak huahahahaha. Alasan yang sungguh cetek sekali. Ya kan dulu ngliatnya, saudara-saudara saya yang kerjanya di bank kayaknya makmur gitu hidupnya hehehe...

Sampai waktu masuk SMA, sempet galau pengen jadi dokter aja... Terus galau lagi pengen masuk ke arsitektur. Cita-cita masuk akuntansi jadi buyar. Soalnya, pas pelajaran akuntansi, saya nggak dong sama sekali. Penjurusan pun saya masuk IPA. Tapi, pas kelas 3 SMA, pas saatnya milih jurusan buat kuliah, pilihan tetep kembali ke semula, ke akuntansi. Soalnya, kalau masuk kedokteran, saya nggak berani sama mayat dan segala macam pembedahan. Masuk arsitektur, saya nggak bisa gambar dan nggak punya rasa seni. Pas UM UGM pun akhirnya milih akuntansi sama statistik, tapi nggak keterima dong. Sempet nyoba di universitas lain lewat jalur tanpa tes, keterima juga. Tapi karena masih penasaran sama univ yang pertama nyoba lagi di kesempatan terkahir dan akhirnya keterima juga di jurusan akuntansi lewat jalur SMPB atau UMPTN (kalau jaman dulu) atau SNMPTN (kalau sekarang).

Awal kuliah, udah berasa kok nggak dong ya sama pelajaran akuntansinya. Begitupun sepanjang kuliahnya. Saya malah gampang paham kalau kuliahnya non akuntansi... Hiks, bagaimana ini.... Masak pelajaran yang ada embel-embel akuntansinya, cuma satu yang dapet nilai A, itupun Akuntansi Pengantar I yang mengulang.... (hahahahahaha, ketawa miris)... Meskipun rada-rada gagal paham sama yang namanya akuntansi, Alhamdulillah berhasil lolos lulus juga. Sayangnya, proses kuliah S1 itu membuat saya trauma untuk melanjutkan ke paska sarjana... Berat kakak....

Selepas lulus, sesuai cita-cita masa kecil, berusaha melamar lowongan untuk kerja di bank... Dari semua lamaran yang saya masukkan, nggak ada yang keterima dong. Paling hebat masuk ke wawancara akhir. Yang lainnya cuma sampai di tahap TKD awal aja... Yah memang mungkin buat saya rejekinya bukan kerja di bank...

Setelah kerja ini, semua ilmu kuliah dulu bener-bener lupa, nggak ada jejaknya lagi. Eh ada satu sih yang masih kepakai sampai sekarang, yaitu si AP I tadi... Masih inget, soalnya dipakai kerja juga, meski nggak 100%. Makanya, meskipun dulunya belajar akuntansi, manajemen keuangan,  teori portofolio dsb, sekarang saya udah nggak inget semuanya huhuhuhuhu... Jadi meskipun kuliahnya di jurusan ekonomi, buat urusan praktek perencanaan keuangan secara nyata, saya bener-bener punya nilai 0, kenalnya cuma tabungan, deposito sama beli emas... Kalau ada yang nanya sama saya apa itu saham sama reksadana, sudah hilang ingatan kakakk.... Ya, habis passion-nya bukan di situ sih (ini ngelesnya)

Beda 180 derajat sama temen saya. Dulunya dia nggak niat masuk akuntansi. Tapi karena akhirnya diterima di jurusan itu, diapun berusaha belajar. Dan, katanya sekarang malah passion-nya dia ya terkait sama keuangan. Dia gape masalah investasi... Segala macam investasi apalagi saham dia bisa. Jadi, kadang dianya bisa dijadikan tempat konsultasi. Jadi malu juga sama temen saya itu. Dia yang tadinya nggak pengen belajar akuntansi, sekarang malah mahir banget. Sementara saya yang udah cita-cita dari kecil, kok ya malah udah lupa...

Sepertinya, memang saya harus buka-buka lagi pelajaran jaman kuliah... Biar, agak-agak paham gitu kalau ditanya soal investasi dan kawan-kawannya...




You Might Also Like

2 komentar

  1. min, kita senasib deh kayanya wkwk mau curhat juga nih :( gua dari penjurusan di sma udah niat buat kuliah ngambil akuntansi. meskipun nilai gua waktu itu bisa ke ipa, tp gua milih masuk ips. selama sma, ya nilai akuntansi gua lumayan lah ga pernah remed. gurunya juga asik, makin bulet niat gua buat ngambil akuntansi. karena ga dapet snmptn, jadi gua udah fix sama univ swasta di bandung yg sebelumnya udah daftar duluan sebelum un. masuk awal kuliah, gua kaget, gua dapet dosen yg ngajarin pengantar akuntansi (PA) pake bahasa inggris. anjir paleng gua min asli :( di sma full bahasa indo skrg tbtb full bahasa inggris. temen gua dapet dosen yg ngajar PA pake bahasa indo, iri lah gua. disaat temen2 sma pada dapet A, gua dapet BC :(( skrg gua udah jalan semester 4, dan lo tau min, setiap pelajaran yg dibahas dikelas, setelah keluar kelas langsung lupa semua.. gua emang anaknya males nyatet, males dengerin juga kalo dosennya ga seru/rese. tp ipk gua alhamdulillah masih diatas 3, jd setiap mau ujian gua selalu ngadain belajar bareng sama temen2 gua. misalnya besok ujian jam 8 pagi, semaleman kita begadang sampe subuh supaya bisa ngejawab soalnya. setelah ujian, yg semaleman udah dipelajarin sampe subuh raib semua wkwk. gua suka bingung, nanti kalo udah lulus, gua harus gimana? masa mau gini2 terus? pelajaran dari semester 1 bener2 lupa, kecuali PA yg masih rada2 inget. gua takut kuliah gua sia2, takut jadi sarjana bodong :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu khawator kok setelah lulus gimana. Soalnya kalau udah kerja, malah otomatis pelajaran-pelajaran itu tiba-tiba jadi gampang dipahami. Mungkin karena langsung praktek ya.

      Hapus