Belajar Jadi Online Seller

13.30

Holaaa.... Long time no see. Akhirnya ada juga keinginan buat nulis lagi di blog. Sebenernya saya pengen banget nulis pas ke Sumbar beberapa bulan terakhir. Tapi kalau nulis aja, tanpa ada foto-foto, kayaknya kurang lengkap kan yaa.. Makanya tulisan ke sumbar mandeg jadi tulisan di draf aja, belum dilanjutin lagi sampai sekarang.

Nah, sekarang nulis yang lain dulu aja deh. Jadi ceritanya, beberapa bulan terakhir saya nyoba-nyoba jualan di online shop. Alasan kenapa akhirnya nyoba-nyoba jualan banyak sih. Di antaranya pengen belajar buat punya penghasilan lain di luar pekerjaan kantor. Alasan lainnya, menyalurkan hobi belanja online. Daripada saya jadi konsumtif belanja-belanja terus, mending belanja produktif kan ya, belanja tapi bisa dijual lagi buat menghasilkan uang. Kan win-win solution tuh (menurut saya). Karena masih belajar, biar gampang dan modalnya nggak banyak saya pilih buat jadi reseller jilbab voal print. Kan lagi ngehits tuh, jilbab voal print. kebetulan juga, jilbab merk x yang saya jual ini, di kota saya belum ada reseller-nya. Pas awal-awal saya udah optimis tuh, pasti cepet laku. Ternyata enggak dong. Banyak hal-hal yang jadi saya pelajari setelah nyoba jualan gini. Iya sih, pengalaman saya belum ada apa-apanya sama yang udah jualan lama. Tapi memang jadi pengalaman berharga sih. Apa aja sih yang saya alami?

1. Reseller dari brand yang udah punya nama (bukan brand yang baru ya) belum tentu jaminan produk kita laku.
Ekspektasi awal saya pas jualan, pasti cepet nih perputaran barangnya. Realitanya, nggak segampang itu lho menjual barang. Awal-awal saya jualan, follower masih sedikit (sampai sekarang juga belum yang banyak banget sih) jadi udah promo macem-macem juga lama lakunya. Akhirnya selain jualan online, saya coba tawarin ke tetangga atau saudara. Nggak mudah juga. Alasannya sih soal harga. Menurut mereka harganya termasuk mahal. Padahal memang segitu itu harga pasarannya. Waktu itu rasanya kayak udah putus asa deh, pengen berhenti aja. Tapi pas saya cuekin, lama-lama ada 1 atau 2 orang yang nanyain dan akhirnya beli. Rasanya waktu itu seneng banget. Awalnya saya kan pesimis banget, jilbab modal jualan apa bisa laku terjual semua, tapi akhirnya dari "kulakan" batch awal itu, sekarang tersisa 1. Pelajaran yang saya ambil, jualan itu memang harus sabar. Kadang nggak nyangka aja, tiba-tiba aja ada pembeli yang datang. Sampai sekarang, saya juga belum ketemu sih pola penjualan yang efektif kayak apa. Masih coba-cobalah.

2. Customer itu macam-macam ya sifatnya
Tipe-tipe customer itu macem-macem. Intinya sih, tipe customer itu dibagi 2, customer menyenangkan dan menyebalkan.
Customer menyenangkan itu
- Customer ramah dan efektif
    Customer yang kayak gini, biasanya cuma menanyakan apakah masih ada barang yang dimau, kalau masih ada, langsung deal dengan ngirim format order, lalu transfer sesuai jumlah yang diberikan.
- Customer sopan
Customer yang nanya-nanya, meskipun akhirnya nggak jadi beli tapi ngasih kabar dan ngucapin terima kasih. Ini masih sopan kalau menurut saya, soalnya sebagai seller saya nggak di-PHP-in.
- Customer jadi langganan
Ini nyenengin nih. Apalagi kalau orangnya sopan terus dia nggak cuma beli sekali. Kalau customer yang kayak gini, kadang malah saya tawarin mau ikut pre order sekalian nggak, kalau saya mau restok barang.

Nah sayangnya, lebih banyak tipe customer menyebalkan. Contohnya ya:
- Customer yang CLBK (chat lama beli kagak)
Udah beberapa kali saya ngadepin customer yang kayak gini. Bermula dari nanya-nanya, minta detail barang, minta foto barang (padahal di instagram juga ada), nanya deskripsi barang sampai detail dan meskipun udah dijawab dengan sesopan mungkin, terus tiba-tiba ngilang gitu aja, nggak ngasih kepastian, jadi beli atau enggak. Ngadepinnya cuma bisa sabar
- Customer yang labil
Yang termasuk tipe ini adalah customer yang udah dikasih totalan yang harus ditransfer, terus nggak jadi beli, dibatalin gitu aja. Kalau ngadepin customer kayak gini sih. Ngadepinnya cuma bisa sabar (2)
- Customer PHP
Kalau yang udah kejadian sih, habis nanya-nanya ketersedian barang terus orangnya ngajakin COD, tapi habis itu ngilang nggak ada kabar. Jadi yang awalnya udah dikasih harapan, jualannya laku, eh habis itu yang bersangkutan nggak ngabarin lagi, jadi nggak sih COD-nya.

3. Jualan itu harus kretaif
Iya, jualan itu harus kreatif demi menghasilkan laba. Jadi namanya reseller itu kan ada minimal pembelian jumlah barangnya. Karena ada minimal pembelian, maka keuntungan penjualan pun udah di tetapkan. Di sini saya harus muter otak, gimana memaksimalkan laba jual.

4. Kegoda barang dagangan sendiri
Huhuhuhu... ini nih godaan yang berat. Apalagi kalau motifnya bagus-bagus. Biasanya saya jadi tergoda buat diambil sendiri.

Meskipun baru sebentar, saya jadi belajar banyak dari menjalani bisnis ini. Termasuk belajar ulang pelajaran kuliah buat bikin pembukuan. Yang ternyata, kenyataan itu nggak semudah pelajaran di text book. Harapan saya sih, semoga bisnis saya ini lancar, ketemu customer yang baik-baik yang nggak PHP-in terus, tapi malah repeat order. Menjalani bisnis ini juga ngingetin saya, supaya ngak jadi customer yang ribet dan menyebalkan buat penjual yang lain. Sekian dulu curhatan saya hari ini. Kapan-kapan saya cerita-cerita lagi ya..



You Might Also Like

0 komentar