Journey to Luwu Utara (South Sulawesi) part 1

12.12

Hai...hai...hai...akhirnya keinginan saya buat jalan-jalan ke pulau lain bisa terwujud juga. Ya minggu lalu tepatnya dari tanggal 24-26 November, saya punya kesempatan buat pergi ke Sulawesi Selatan. Memang sih perginya bukan dalam rangka liburan, tetapi tugas dari kantor. Meskipun namanya tugas kantor, acara jalan-jalan tetep ada dong...
Sebenernya, saya seharusnya berangkat ke sana sejak tanggal 10 November. Berhubung, kondisi Jogja tidak stabil karena Merapi, akhirnya rencana keberangkatan kita dimundurin jadi tanggal 23 November. Awalnya pas nerima tugas ini, saya agak takut. Soalnya saya belum pernah pergi sejauh ini. Apalagi tujuan tugas saya bukan di kota Makassar, tapi di sebuah kabupaten bernama Luwu Utara (yang saya sendiri belum pernah denger).Tapi yang namanya tugas, kan mau gak mau harus kita terima.
Seminggu sebelumnya pas rapat koordinasi, saya baru tahu..ternyata Luwu Utara itu letaknya 10-12 jam perjalanan darat dari Makassar.. Dengernya aja udah serem. Belum-belum saya udah deg-degan. Soalnya saya punya riwayat mabuk darat, jadi takut aja kalo nggak kuat sama perjalanan daratnya. Tapi karena udah kepalang tanggung, ya gak bisa mundur lagi. Akhirnya setelah menyiapkan akomodasi, peralatan perang yang harus dibawa, dan yang terutama mental, siaplah saya berangkat.
Saya berangkat dalam 1 tim yang terdiri dari 6 orang (termasuk saya, dengan komposisi 2 cewek dan 4 cowok). Selain tim saya ada tim yang lain juga. Ada 6 tim yang berangkat ke Sulsel dan disebar ke 6 kabupaten/kota. Dan ternyata lagi, memang kabupaten saya yang letaknya paling jauh. kalo yang lain, bisa ditempuh dengan jalan darat selama 1-5 jam. Tempat saya (seperti yang udah saya bilang) dua kali lipatnya. Oh iya, gara-gara ngliat komposisi tim saya (5 orang anggota tim masih single) temen-temen saya ngledekin abis-abisan. Maklum masih single, jadi harus siap dan ikhlas, buat ditugasin ke tempat yang paling jauh.

Biar lebih enak, saya ceritanya sesuai hari perjalanan saya aja ya...

Hari 1
Belum apa-apa jadwal penerbangan kitakena delay. Tadinya kita mau berangkat jam  ½ 8 pagi. Tapi mundur jadi jam 11 (tau sendiri berita di tv) sampai kita ketemu rombongan yang harusnya berangkat jam 11. Rute penerbangan mengharuskan kita transit di Jakarta. Tapi di Jakarta, kita malah kepisah sama tim lain. Udah gitu kita dipingpong antar Gate. Begitu nyampe gate yang bener, malah belum ada kepastian kapan pesawat berangkat. Setelah nunggu 1 jam, akhirnya jam 1 kita dipanggil naik ke pesawat dan jam ½ 2 siang, pesawat terbang ke Makassar.

Jam ½ 5 WITA kita mendarat di Makassar.  O, iya intermeso... pemandangan Makassar dari atas, kereeenn bangeettt. Saya beruntung, di pesawat dapet tempat duduk di deket jendela. Jadi bisa puas ngliat pemandangan di luar..
Seperti yang tadi saya ceritain, untuk sampai di Luwut, kita masih harus menempuh perjalanan darat. Kita mutusin buat naik bis aja, soalnya, kita udah dipesenin tiket bis juga. Berhubung, kita gak transit di hotel, otomatis, kita seharian gak mandi.. habis mau mandi dimana lagi. Gak ada tempat.
Bis kita berangkat jam 8 malem. O, iya, ternyata saya salah duga tentang bis malem di Makassar. Tadinya saya ngira, bis malemnya pasti gak enak. Penuh, sumpek. Tetapi saya salah rupanya. Bis-nya nyaman banget.
Ada tempat buat selonjor (jadi kaki gak pegel), bantal sama selimut). Jadi malem itu kita bisa tidur (tadinya mbayangin bakal gak bisa tidur). Tapi sayang, meskipun bisnya udah nyaman, malem itu saya gak bisa tidur. Alesannya pertama, udaranya dingin banget, selimut aja gak cukup. Kedua belum kebisaaan tidur di bis. Ketiga, jaga barang-barang. Alhasil, saya baru bisa tidur-tidur ayam menjelang dini hari. Sementara temen-temen saya yang lain, udah pada tidur sejak bis berangkat.

Hari ke 2 dan ke 3
Setelah menempuh perjalanan selama 10 jam, kita sampai juga di Luwu utara. Tujuan kita adalah ke kecamatan Masamba. Pagi di Luwu Utara ternyata indah. Kita bisa ngliat matahari terbit ditambah pemandangan yang masih alami. Di daerah sana, rumah gak sepadat di Jawa, jarak antar satu rumah dengan rumah lain, lumayan agak jauh.. masih banyak sawah, padang rumput, lapangan rumput (jadi sapi bisa merumput dengan bebas). Sungainya juga masih jernih plus lebar-lebar.
Akhirnya jam 7 kurang kita sampai di tempat tujuan. Kita ber-6 nginep di hotel kecil (namanya juga dikabupaten). Begitu selesai mandi sama sarapan, akhirnya kita cabut buat ke tempat kegiatan (selama di sana kita ditugasin buat ambil data responden). Meskipun masih agak ngantuk, kita tetep berangkat.
Siangnya selesai kegiatan kita diajak makan siang. Untungnya kita diajak ke rumah makan yang menunya kebanyakan ikan (syukur buat saya, soalnya saya gak doyan daging sapi, ya kecuali yang udah berbentuk bakso, abon, dll). Ada menu istimewa di sini, namanya Parede Ulu Bete alias sup kepala ikan. Tapi karena saya gak terlalu doyan ikan, saya gak milih itu. Selama disana, kita bertugasnya emang cuma sebentar. Paling sampai jam 12 siang. Jadi, setelah makan siang, biasanya kita istirahat.
Malemnya, kita diajak jalan buat makan jagung rebus. Jagung rebus di daerah sana, katanya emang khas. Beda sama jagung di daerah lain. Ada 2 macem jagung yang disediain. Jagung pulut sama jagung manis. Jagung pulut bentuknya kecil, bulirnya putih tapi rasanya manis. Kalo jagung manis di sana gede-gede dan rasanya bener-bener manis. Lebih manis dari jagung jogja.
Hari ketiga disana, akhirnya saya ambruk. Tadinya kita lebih khawatir sama ketua tim yang sudah sepuh (usia lanjut) eh gak taunya yang jatuh sakit malah saya. Malem-malem saya kena demam plus sakit tenggorokan. Kayaknya sih, saya kena gejala radang tenggorokan. Gara-gara minum es. Untung paginya udah turun. Meskipun badan masih lemes, tugas tetep lanjut..