Journey to Luwu Utara (South SUlawesi) part 2

12.13


Hari ke-4
Tadinya saya pikir, badan saya udah sehat, tetapi ternyata sore-sore menjelang Ashar, badan saya panas lagi. Batal deh ikut jalan-jalan naik becak kecil (becaknya lucu, cuma muat 1 orang). Saya cuma tiduran di kamar. Untung sore-nya udah turun. Gawat kalo gak turun. Soalnya malemnya kita mau perjalanan pulang (naik bis lagi). Jam 8 malem, akhirnya kita meninggalkan Masamba. Tadinya kita gak beli oleh-oleh. Tapi malah dibawain banyak banget sama petugas sana (makasih banget deh buat bapak-bapak petugas).  O iya, bis malem yang kita naikin beda sama pas berangkat. Fasilitasnya pun beda. Gak ada selimut, cuma guling kecil. 

Meskipun niat awalnya gak mau tidur, akhirnya ketiduran juga. Tengah malem baru bangun, soalnya si bis nglewatin jaln yang berbatu-batu. Akhirnya malah menikmatin pemandangan malam deh. Jadi saya tahu, kita lewatnya mana aja. Pertama kita lewat Palopo, yang sudah modern . terus kita lewat Pare-Pre, yang masih banyak rumah tradisional berbentuk rumah panggung. DI sana saya juga ngliat (gak tau danau atau laut), soalnya gelap banget. Habis itu, kita juga nglewatin Pangkep, Maros dan akhirnya Makssar.

Hari 5
Awalnya kita mau transit di hotel. Tapi dapet tawaran transit dari temen. Lumayan buat menghemat bujet. Tadinya, selain numpang mandi, kita juga mau numpang titip barang. Tapi karena kita juga mau jalan-jalan di Makassar, ya udah barangnya dibawa sekalian.
Jalan-jalan di Makassar kita awali dengan makan ikan bakar. Sayangnya saya kurang suka, soalnya ikannya gak dibumbuin. Jadi rasanya tawar. Habis itu kita ke pusat oleh-oleh. Saya berhasil dapet kain, bros sama kaos disini, Terus kita ke pantai Losari, buat numpang foto. Hehehehe tadinya saya pikir, Pantai Losari ada pasirnya, ternyata gak ada. Jadi kita cuma foto-foto doang di deket tulisan Pantai Losari. Habis itu kita ke Taman Kupu-Kupu di Bantimurung. Awalnya sih ditawarin ke Benteng Rotterdam. Tapi pengambil keputusan di tim (yaitu dua cewek ini) nggak mau. Jadi, meluncurlah kita ke Bantimurung.

Perjalanan ke Bantimurung makan waktu 1 jam. Sampai di sana, di parkirannya kita udah disambut sama berbagai macam dagangan berupa kupu-kupu yang sudah diawetin. Bagus-bagus lho kupu-kupunya. Sayang, udah diawetin. Habis beli karcis senilai 10.000 per orang, kita masuk. Tadinya kita mau ke museum kupu-kupu. Tapi, museumnya tutup karena renovasi. Akhirnya kita ke air terjunnya aja. Huaa dinginnya di sana.. untung demam saya gak muncul lagi. Kita gak bisa lama-lama di Bantimurung, soalnya ngejar pesawat. Jam 12 kita cabut ke Bandara.

Setelah proses check-in yang lama, eh gak taunya pesawat kita kena delay 1 ½ jam. Udah di delay, kita masih disuruh pindah ke gate lain. Meskipun sebel, terpaksa pindah juga. Sebelum ke jogja, kita transit dulu di Surabaya baru di Jogja. Tapi, mendarat di Jogja juga gak gampang. Soalnya cuacanya buruk. Jadi kita harus muter-muter dulu  di atas (bikin trauma aja). Akhirnya setelah muter-muter selama 10 menit, kita diijinkan mendarat. Alhamdulillah.. tadinya udah takut aja, harus balik lagi ke Surabaya. Untung dikasih ijin buat mendarat.....

Dengan mendaratnya pesawat, berakhir juga perjalanan saya ke Luwu…  Awalnya saya ngira, perjalanan ini bakal nyebelin. Tapi saya salah, ternyata perjalanan ini seru banget. Soalnya temen-temen seperjalanan saya seru-seru juga. Yang temen cewek, sama narsisnya sama saya.. gak bosen-bosennya kita minta difotoin..temen-temen cowok yang pengertian (saking pengertiannya, tanpa kita minta, pasti kita udah difoto hahahaha). Ketua tim yang suka nglucu… Berharap banget, tahun depan bisa melakukan perjalanan ini lagi…

Buat yang penasaran sama Luwu Utara, silahkan berkunjung ke sana. Letak Luwu Utara ternyata gak begitu jauh dari Tana Toraja.. O, iya, ini ada sedikit info-info tentang perjalanan ke Luwu Utara.
  • Untuk menuju ke Luwut, bisa ditempuh dengan berbagai cara. Kita bisa carter mobil dengan tarif sekitar 400 rb, naik bis malam atau naik pesawat baling-baling (yang terakhir gak begitu direkomendasikan ya, karena cara ini sangat bergantung sama cuaca. Kalau cuaca buruk di tengah perjalanan, bisa serem akibatnya.) 
  • Tarif bis malem ke Masamba, Rp 100.000,- per orang. Ada banyak bis malem yang bisa kita pilih. Rata-rata fasilitasnya hampr sama kok. Pool bis-nya ada di depan Makassar Town Square. 30 menit dari bandara.
  • Penginapan di Masamba ada beberapa, tinggal milih. Kalo kamar VIP fasilitasnya ada kamar mandi dalem, tv kabel sama AC plus breakfast. Tarifnya berr-variasi. Kalo VIP sekitar 150.000. Yang lebih mahal juga ada. Paling mahal sekitar 225 rb. Tapi jangan dibandingkan sama hotel berbintang ya. O, iya, di penginapan kita juga kadang ditawarin makan siang atau makan malam. Tarifnya (kayaknya lho ya) 25 ribu per orang sekali makan. 
  • Kalo naik taksi harus siap-siap sport jantung. Yang saya alami, supirnya agak ugal-ugalan. Meski nggak semua sih, pinter-pinter aja milih taksi.
  • Kalau soal makanan, rata-rata yang khas di sana adalah ikan. meskipun makanan khas yaitu coto juga ada. Masakan ala tanah Jawa juga ada.
  • Kalau di Masamba, transportasi yang saya jumpai adalah becak, ojek sama angkot. Kalo taksi agak kurang tahu.......
 

You Might Also Like

0 komentar