Perawatan Kulit Itu Berat

16.02

Yang namanya perawatan kulit itu emang agak berat ya. Ya berat di ongkos, ya berat di perasaan (alias harus sabar nunggu hasilnya keliatan). Apalagi yang namanya ngrawat kulit yang berjerawat. Aduh, berat bener rasanya.
Sejak SMP, yang namanya punya kulit wajah mulus kayak di iklan-iklan itu serasa mimpi buat saya (hiks...hiks...pengennya punya kulit mulus). Gak pernah kesampaian tu punya kulit kayak kulit bayi gitu. Penyebabnya apalagi kalo bukan jerawat yang betah bener ada di muka saya. Eh, mana beberapa tahun lalu ditambah, kayak sejenis kutil-kutil kecil-kecil gitu yang ada di mukas. Makin jauh deh harapan punya kulit mulus.
Tapi ya, meskipun dari dulu udah jerawatan, saya keukeuh lho dulu gak mau ikut-ikutan perawatan, baik ke dokter atau klinik-klinik gitu. Meskipun udah dibujuk-bujuk sama Ibu saya nih, tetep aja perawatan-perawatan di salon kayak gitu big no no buat saya. Alesannya sih klasik, males sama mahal. Mending duitnya saya pake buat yang lain.
Sampe jaman kuliah, saya juga masih males gitu. Akhirnya, di awal tahun 2008 kemaren, gara-gara salah pake merk bedak yang nyebabin jerawat di muka saya nambah makin gede-gede dan banyak, mau gak mau saya berobat ke dokter. Ya demi mendapatkan kulit bebas jerawat, akhirnya rela deh pergi ke dokter kulit.
Awal-awal dateng ke dokter, didiagnosis salah pake produk buat kulit wajah. Akhirnya dikasih obat. Mulai dari yang buat diminum, sampe yang dioles ke jerawat. Ribetnya. Secara dulunya saya gak pernah nih pake perawatan-perawatan gitu, paling cuma bedakan kalo mau keluar. Nah periksa buat pertama kali gitu, duit yang keluar buat periksa sama beli obat, lumayan berat juga. Mana waktu itu, saya kan masih kuliah, belum berpenghasilan sendiri. Tapi demi sembuh dari si jerawat, ya udah diikhlasin aja.
Dari awal yang datangnya dua minggu sekali, sebulan sekali, tiga bulan sekali, sampe sekarang setahun sekali. Udah tiga tahun ini saya masih rutin kontrol ke bu dokter. Terus gimana hasilnya? Kalau soal hasil, ya lumayan lah. Sekarang udah lumayan berkurang. Meskipun belum 100% ilang. Saya aja ampe capek. Tiap nanya ke dokternya, jawabannya saya harus sabar. Katanya, sebelum umur 25, emang si jerawat masih suka muncul. Ini terkait sama masalah hormon.
Awal-awal perawatan dulu, saya ampe sebel lho. Udah pake krim ini itu, udah rajin banget ngikutin saran bu dokter eh bukannya berkurang, jerawat di muka saya malah nambah. Gimana gak takut coba. Ternyata oh ternyata, dari hasil baca-baca di beberapa forum, kayaknya reaksi obat dokter awalnya gitu. Ibaratnya  semua jerawatnya dikeluarin dulu, baru proses penyembuhan (mungkin lho ya). Lama-lama, jerawatnya mulai berkurang. Tinggal bekas-bekasnya doang. Nah kalo bekas-bekas jerawat ini, juga bikin sebel lho. Dari yang cuma flek item aja, sampai yang bekasnya dalem, ada semua. Mana kata bu dokter, kalo yang bekas scar, emang gak bisa ilang (hiks...hiks... nasib-nasib, impian kulit mulus cuma tinggal mimpi). Kalo yang bekas item, masih bisa ilang, cuma lama (sama aja ya). Terus, komedo-komedo di daerah T dan sekitarnya juga sama aja, ampe sekarang belum ilang juga.  Padahal ama bu dokter udah dikasih obat buat ngilangin komedo sama ngontrol minyak. Tapi tetep, susah ilang.
Nah, begitu si jerawat di wajah udah mulai berkurang (yang berkurang di wajahnya doang. Sekarang si jerawat lari ke punggung, dada sama telinga T_T), giliran buat ngilangin si kutil-kutil kecil (menurut doktersi kutil kecil adalah sejenis tumor jinak yang disebabkan oleh virus. Gak begitu ganggu sih, cuma gak sedep aja dipandang sama bikin gatel) . Setelah konsul sama bu dokter, ternyata solusinya cuma satu, yaitu di ilangin pake cutter listrik (kalo gak salah, saya lupa istilahnya). Yang terbayang di otak saya pas denger di-cutter (ini istilah saya sendiri) adalah sakit. Saya kan orangnya gak tahan sakit. Ampe dengan polosnya saya tanya sama si dokter, "dok, emang gak ada obat olesnya ya". Dan dijawab sama si dokter dengan tegasnya, "gak ada mbak, itu emang gak bisa ilang kalo gak di-cutter. gak ada obat buat ngilanginnya.". Ya akhirnya, setelah mikir-mikir lama dan nimbang-nimbang, ya udah deh, mau di-cutter.  Setelah janjian ama dokter, dimulailah tindakan buat ngilangin kutil. Biar gak sakit, kutilnya diolesin dulu sama sejenis obat bius lokal. Tapi, jangan salah ya, biar udah diolesin pengilang sakit, begitu tindakan dimulai, sakitnya minta ampun. Jadi wajah saya berasa ditusuk-tusuk sama jarum (lha wong disetrum kok). Apalagi pas nyampe ke bagian yang gak dibius dulu (gara-gara dokternya lupa), rasanya kayak ditusuk pake pisau, linu ampe ke tulang-tulang. Meski sakit, hasilnya setimpal kok. Sekarang udah mendingan. Gak ada lagi si kutil yang bikin wajah kelihatan kotor.
Nah urusan si kutil beres, sekarang tinggal mikir ngilangin si komedo. Cara yang paling instan buat ngilangin komedo emang facial. Tapi pas konsul ke dokter, katanya gak boleh. Ya udah, saya nurut. Tapi lama-lama kok ya risih ya. Apalagi di hidung ama dagu. Kayaknya komedonya banyak banget. Nah, si komedo ini emang jadi tersangka utama buat kemunculan jerawat di satu tempat, which is di dagu. Mana kalo udah jerawatan, gede dan lama sembuhnya. Akhirnya ngikutin kata Ibu saya, nyobain buat di facial. Biar efek sampingnya gak bisa diminimalin, saya pilih facial yang pake bahan tradisional. Ternyata, di-facial itu sakit banget. Awalnya sih enak, tapi kalo udah bagian mencet-mencet jerawat itu, sakitnya minta ampun deh. Saya ampe nangis-nangis (hihihi jadi malu deh). Itu yang bikin saya kapok buat facial. Mau dibujuk-bujuk biar komedonya ilang, tapi tetep aja saya ogah. Gak tahan sama sakitnya. Mungkin yang bagian massage-nya, gak kenapa-kenapa, tapi buat bagian mencetin si komedo, gak lagi deh.
Kalo diitung-itung ya, pengeluaran buat nyembuhin si jerawat ini lumayan gede lho. Obatnya aja ya sekali tebus di apotek bisa habis ratusan ribu. Padahal obatnya itu cuma buat dipake 3 bulan aja. Jadi setiap 3 bulan sekali saya harus, beli obat baru di apotek. Belum lagi yang tindakan (yang buat ngilangin kutil itu). Sekali dateng kena charge 250 rb (dulu, sekarang nggak tau berapa). Nah ditotal-total, pengeluaran selama 3 tahun ini buat ngobatin jerawat udah jutaan kali ya. Jadi buat para perempuan, gadis-gadis, cewek-cewek yang punya kulit alus mulus, wajib disyukuri lho. Paling nggak, ngurangin biaya perawatan muka. Sama jangan mudah tergoda sama produk-produk perawatan yang kualitasnya diragukan. Soalnya, sekali udah kena dampak negatif dari produk yang nggak jelas, biaya buat mulihinnya mahal lho...

You Might Also Like

4 komentar

  1. Kulit saya termasuk yang sensitif dan mudah berjerawat. Jadi memang sekarang saya berobat ke dokter wajah, karena kalau pakai kosmetik biasa jerawat tetap aja muncul.

    Kebetulan dapat klinik yang tidak terlalu mahal. Obat untuk sebulan (krim malam, krim pagi, obat jerawat, sabun) sekitar 200rb. Tapi memang harus rutin facial biar komedonya diangkat.

    Setuju denganmu Dian. Bersyukurlah mereka yang kulitnya sudah mulus ya, pakai apapun gak masalah.

    BalasHapus
  2. Sama ya mbak... sampe sekarang saya gak berani coba-coba pake kosmetik biasa. Tetep pake obat dokter.

    BalasHapus
  3. Duh, jadi mikirin wajah saya baca postingan ini.
    Udah banyak cara dilakukan biar mulus seperti kulit anak-anak, tapi tetep saja wajah jauh dari mulus.
    Sudah facial, totok wajah, jerawat rajin menyambangi, apalagi kulit wajah saya termasuk berminyak. Rasanya pengen diliterin trus dijual minyaknya :D
    salam kenal ya, blogwalking ke tempat Zee, mampir ke blog ini.

    BalasHapus
  4. Sama nih mbak, berarti kita senasib ya.... salam kenal juga mbak...

    BalasHapus