Hasil dari Tes Kesehatan

19.08

Awal tahun saya di kantor dibuka dengan tes kesehatan alias General Check Up. Hehehehehe sehat ya.... Sebenernya sih, udah disuruh buat GCU ini sejak akhir tahun lalu kemaren. Tapi berhubung kalau Desember itu, load kerjaan agak-agak nggak berat, makanya saya minta awal Januari aja buat GCU ini. Udah denger dari temen yang duluan kalau GCU ini makan waktu 2 hari. Itu aja harus berangkat ke rs-nya pagi-pagi. Soalnya antrinya itu lho. Akhirnya sepakat berangkat ke RS sama temen-temen yang belum, kemaren Kamis. Niat banget lho, saking niatnya saya nyampe ke kantor jam 7 kurang 10 menit. Alhamdulillah antrinya nggak begitu banyak. Buat GCU ini, prosedurnya selain pemeriksaan fisik biasa juga ada rongten, tes lab meliputi tes urine sama tes darah, tes kesehatam mata sama tes kesehatan mental. Nah buat tes labnya, kita harus puasa dulu, soalnya yang diperiksa dalam tes ini, gula darah sama kolestrolnya. Untungnya kemaren saya puasa dulu. Kalo nggak puasa, berarti tes lab-nya nggak bisa hari itu juga.

Untuk hasilnya, semua hasil bisa diambil hari Kamis itu juga, cuma untuk hasil lab baru bisa diambil hari Jum'atnya. O, iya yang agak sebel buat tes kesehatan mental, nunggunya lama banget. Soalnya, harus nungguin dokter yang lagi rapat. Total nunggunya,5 jam sendiri. Padahal kan saya belum makan sama sekali itu. Makanya begitu pulang dari RS, narik temen saya buat mampir makan dulu sebelum balik ke kantor. 
Paginya, balik lagi ke RS buat ngambil tes Lab sama keseluruhan hasil pemeriksaan. Buat tes darah, gula darah sih normal-normal aja. Nah yang buat tes kolestrol itu yang bikin shock. Masak poin untuk kolestrol saya 215, padahal normalnya 200. Dan dalam keterangannya tertulis tinggi. Huhuhuhuhu....kok bisa sih kolestrolnya tinggi gitu. Kan saya udah amat sangat menjaga pola makan (dalam artian jadi picky eater yang banyak nggak doyannya). Nggak ada tuh dalam menu makan saya gajih, lemak, daging kambing dan daging sapi, duren dan segala macam masakan yang dicurigain bisa meningkatkan kadar kolestrol. Tapi kok hasil tes bilang kebalikannya sih. Setelah diinget-inget, emang sih udah menghindari makanan di atas, tapi beberapa bulan terakhir ini, saya jarang olahraga, terus makannya juga lasak gitu, udang, cumi....ya kalau mau nyalahin sih, salahin gule cumi dari rumah makan padang, bolu gulung keju, udang goreng, martabak telur dan kawan-kawannya (kasihan ya, makanan seenak itu disalahin, ditambah ngetik nama-nama makanan ini bikin saya pengen deh). Berarti, sama aja. Pantes kolestrolnya tinggi.
Dengan hasil tes yang kayak gitu, diputuskanlah dan masuk dalam resolusi tahun ini untuk mengubah pola makan dan gaya hidup biar lebih sehat. Dan langkah awal adalah bawa bekal makan siang dari rumah. Berhubung, menu makan siang di kantor itu biasanya kadar kolestrol dan lemaknya lumayan tinggi (pada suka yang kayak begituan sih) akhirnya mau nyoba bawa bekal makan siang sendiri aja dari rumah. Kayak pas saya kerja di kantor yang dulu. Kalo menu masakan di rumah, jelas jauh dari kolestrol dong....Akhirnya, udah semingguan ini saya bawa bekal terus...
Dan tau gak rasanya...Seneng banget. Lebih enak sih masakan rumahan gitu buat makan siang menurut saya. Biarpun menunya sederhana, tapi menurut saya rasanya amat sangat jauh lebih enak daripada makanan makanan siang saya yang biasanya....
Berharap deh, dengan cara ini, bisa turun si kolestrol jahat. Untuk olahraga, mau merutinkan diri buat renang lagi seminggu sekali. Jadi marilah dimulai resolusi kesehatan tahun ini....

You Might Also Like

0 komentar