Gara-gara Bulmat Palsu

15.29

Draft yang dibuat sabtu lalu, karena berasa sebel banget dan pengen nyampah. Tapi belum jadi di-post, karena mau diedit dulu..

Inhale...exhale.... tarik nafas, keluarkan nafas... Maaf, hari ini saya mau ngeluarin unek-unek dulu alias mau nyampah dulu...Saya lagi sebel berat hari ini sama mbak-mbak tukang rias yang tadi pagi merias saya....


Begini kronologinya... Dalam rangka ngebantuin temen saya yang mantu hari ini, sayapun didapuk jadi yang jaga buku tamu. Jadi tadi pagi, pergilah ke rumah yang punya gawe untuk ikut dirias. Setelah dapet giliran, kebetulan dapet ibu ibu. Seperti biasa, kalau dirias kayak gitu, permintaan saya cuma satu, saya nggak mau alis saya dikerok... Selain, ribet merapikan kalau ntar udah tumbuh, ada alesan lainlah (terkait dengan syariat)... Berhubung alisnya nggak dikerok, si ibu menawarkan, mau pake bulu mata palsu nggak... Inget, terakhir kali dandan, bumat palsu yang tebel justru bikin saya ngerasa ngantuk, sayapun menolak nggak mau pake.. ibunya pun setuju.... Tumben, yang ndandanin saya hari itu cepet banget. Padahal biasanya lama kan... Usut punya usut, karena saya gak pake bulmat palsu, eh ternyata maskara dan eyeliner di eyelid atas pun tidak dipakaikan.. Temen saya pun nyeletuk,"Matamu nggak kelihatan kebuka tuh"... dan setelah saya ngaca pun, iya bener. Mata saya nggak kelihatan kebuka, penyebabnya ya karena ngak dipakein maskara dan eyeliner di eyelid atas. Dan temen saya pun membujuk, udahlah dipakein aja...Ya udahlah, demi kelihatan kece, sayapun menurut... dan saya bilang, "Ya, entar mbak aku minta dipakein".. di sebelahnya ibu yang ngrias tadi... Berarti, menurut asumsi saya, si ibu tahu dong, saya berniat nambah pake bulmat palsu...

Terus, saya kan ngantri sanggul... Saya lupa, kita lagi ngobrolin apa...Pokoknya, menyingung nyinggung bulu mata... Eh, si ibunya nyeletuk, "Lha mbaknya nggak mau dikerok alisnya, nggak mau dipakein bulu mata, nggak mau diapa-apain...".. Deg, saya langsung mbatin, kok ibunya gini banget sih. saya jadi ngrasa, kalau riasan mata saya nggak begitu kelihatan adalah salah saya... Dan, sebelnya lagi, hal itu dibesar-besarin lho, sama yang lain diruang itu.. 

Oke lah, saya sabar-sabarin... Akhirnya, saya disanggul dulu... dan setelah saya selesai sanggulnya, dan ngliat antriannya masih banyak, ya udah saya ngalah. Pasang bulmatnya ntar aja deh. Toh, kalo saya sebenernya nggak ada masalah. Justru yang lain yang ribut.. Akhirnya saya ganti baju dulu... Setelah selesai, balik lagi ke ruangan itu. Dan karena, antriannya masih ada, saya ngalah lagi. Terus, ada satu ibu-ibu, tiba-tiba ngliatin saya, sambil mandang kebaya saya, dan ibu itu bilang "kok, kelihatan beda ya?" (saya tau sih, yang dimaksud itu model kebaya saya yang memang agak beda). Dan, tahu nggak, si ibu perias tadi tiba - tiba asal nyaut "lha mbaknya tadi nggak mau pake bulu mata kok". (gubrak, masih dibahas loh, karena saya nggak mau pake bulmat). Dan ibu satunya yang nyebut beda tadi pun menjawab, "bukan itu, maksudnya bajunya itu lho, penjahitnya pinter, bordirnya dipindah ke atas (desain kebaya saya memang saya bikin beda, jadi motif tilenya, saya pindah ke dada atas, bawah leher, lengen atas, dan punggung atas, dengan maksud biar nggak terlalu temrawang, sementara yang lain nggak dibikin kayak gitu, dibikin polos aja). Jadilah, saya ditanya tanya, jahit dimana, dan bangga dong, kalau jahitnya paling murah. Dan si ibu perias pun, nggonduk..... hahahaha... Yee, siapa juga yang ngomongin bulu mata...lha wong ngomongin kebaya kok..

Kekesalan saya belum berakhir nih. Setelah menunggu, sampai orang terakhir dirias, sayapun datang kehadapannya dia... dan tahukah, ditolak aja lho.. Alesannya sih, udah mau berangkat ke gedung (padahal berangkat ke gedungnya juga masih lama, dan saya tahu, karena saya juga nunggu lama untuk berangkat ke gedungnya. Dan si ibu perias tadi masih sempet-sempetnya telfon-telfon). Sayapun dioper ke temennya yang jauh lebih ramah. Setelah ke temennya itu, kan ditanyain, udah mau berangkat belum. dan karena udah mau berangkat, mggak cukup waktunya untuk pasang bulmat.. Akhirnya, saya mengusulkan, gimana kalau pakai maskara aja sama eyeliner. dan mbaknya setuju... Voila, dalam waktu singkat, tanpa bulmat palsu, riasan mata saya udah cukup terlihat... dan kata temen saya juga udah cukup bagus....

Sikap ibu perias tadi, cukup untuk saya buat ngasih penilaian buruk ke salon itu. Hanya karena ulah satu stafnya yang menurut saya cukup menyebalkan. Kan hak saya dong, sebagai customer, mau dicukur alisnya apa nggak. Alesan saya cukup jelas kok... Dan mengenai bulmat palsu, menurut saya bukan berarti nggak pake bulmat palsu, nggak ada pengganti yang lain. Kan ada maskara dan eyeliner. Mbok ya, kalau periasnya memang niat, tinggal dipakein eyeliner dan maskara, atau usaha apa gitu sebagai penggenti bulmat palsu. Kenyataannya, mbak-mbak perias kedua yang akhirnya bersedia ngasih maskara, malah komentar gini "eyeliner-nya saya bentuk ala-ala korea ya mbak, yang model cat eyes gitu. Anak muda sekarang kan senengnya gitu".. Terlihat kan, mana yang niat mana yang ogah-ogahan.

Dan hari ini (senin) saya cerita ke temen saya. Kalau komentarnya temen saya itu, paling si ibu itu lagi ada masalah dan kebawa-bawa deh pas mendapat order merias. Mungkin juga sih begitu... Tapi, sayangnya, kesan buruk udah terlanjur saya cap-kan ke ibu itu. Soalnya selain masalah bulmat palsu, setelah diliat-liat lagi, riasan saya nggak alus... Karena siangnya, si foundi udah pecah-pecah nggak jelas dan terlihat seperti topeng.....

Sekian uneg-uneg saya hari ini... Karena sebelnya masih terasa sampai sekarang.

Update lagi hari ini (selasa)
Ngomongin masalah dandan kemaren emang nggak kelar-kelar. Soalnya, tadi ada temen saya yang komentar lagi. Katanya "mbak, kok kemaren setelah didandani, kulitmu malah jadi keliatan item. Padahal kan, kulitmu nggak seitem itu". Hiks, iya sih. Emang bener komentar temen saya itu. Selain faktor pengaplikasian foundie yang ngawur dan warna foundi yang nggak tau juga. Selain itu saya dipakein lipstik warna nude, yang (sebenernya udah tau dari lama sih) nggak cocok sama skintone saya (semakin menegaskan kalau saya nggak cocok pake warna nude-nude begitu. Saya cocoknya pake warna pink). Tapi, komentar yang paling menohok itu, ya yang di atas itu, kulit saya kelihatan item alias dekil, dan bekas-bekas jerawat justru makin kelihatan alias nggak alus sama sekali.... Tahu begitu, mending bawa alat dandan sendiri dan berusaha memperbaiki... Tapi yang namanya penyesalan, emang selalu terlambat yah. 

You Might Also Like

0 komentar