Kentang Goreng Homemade

09.53



Saya sama adik saya suka banget sama kentang goreng dengan berbagai versi. Mau yang model french fries ataupun kentang digoreng sendiri. Paling seneng sih sama kentang beku yang dijual di supermaket itu. Apalagi yang rasa keju. Sayang, harganya lumayan mahal. Lagian juga nggak bagus kan keseringan makan kentang goreng gitu.
Dulu, kalau nggoreng kentang sendiri, hasilnya nggak mungkin sama kayak kentang beku yang dijual di supermaket itu. Hasilnya cepet lembek, alias garingnya nggak bertahan lama. Pernah sih nyari resep biar bisa bikin kentang yang ala-ala kentang beku, tapi selalu males nyobain.
Sampai, pas kemaren jajan di Ling Ling Fruit Bar dan pesen potato wedges, adik saya minta dimasakin yang kayak gitu. Kalau dirasain sih, kentang versi Ling Ling kriuk-kriuk di luar tapi dalemnya lembut. Terus kayak ada lapisan tepung gorengnya gitu. Nyari-nyari resep di internet, tapi rata-rata sih hampir sama resepnya. Akhirnya pas hari Minggu nggak keman-mana, nyobain bikin kentang goreng sendiri. Untuk lingk resepnya sih, banyak di internet. Kalau yang di bawah ini versi saya. O, iya saya udah bikin dua kali dengan dua cara yang berbeda. Hasilnya pun jadi beda. Jadi, disesuaikan aja sama selera masing-masing.

Bahan
4-5 buah kentang ukuran besar
garam secukupnya
8 sdm tepung beras
4 sdm tepung bumbu
Air untuk merebus
minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat
1. Kupas kentang dan potong potong dengan bentuk sesuai selera. Kalau saya dimodel potato wedges, tapi tipis-tipis. Hasilnya lebih banyak soalnya.
2. Didihkan air secukupnya (kira-kira samapi kentangnya terendam). Jangan lupa masukkan garam kedalamnya. Kalau pengen kentangnya asin, masukin garamnya lebih banyak. Kalau cuma gurih, garamnya secukupnya aja.
3. Setelah mendidih, masukkan kentang ke dalamnya. Untuk lamanya perebusan, saya kemaren pakai dua macam versi. Yang pertama sekitar 15-20 menit, sampai kentang empuk. Kelebihannya sih, tekstur kentang goreng akan lebih lembut, kekurangannya, kentang jadi gampang hancur. Kedua kali saya merebus selama 10 menit saja. keuntungannya, bentuk kentang lebih bagus, tapi teksturnya nggak selembut ketika direbus lebih lama.
4. Tiriskan kentang dan diamkan sampai dingin.
5. Dalam wadah bertutup (kayak tupperware atau lock & lock) masukkan tepung beras dan tepung bumbu. Perbandingannya anatar tepung bumbu dan tepung beras juga terserah sebenarnya. bisa 1:1 atau 2:1. Bisa banyak tepung berasnya daripada tepung bumbunya. Masukkan kentang yang sudah dingin ke dalamnya. Kemudian tutup dan kocok-kocok wadah tersebut (ini salah satu cara tercepat untuk membalur tepung ke bahan makanan). Setelah semua kentang terbalur tepung, tutup rapat wadah dan disimpan di frezer selama minimal 2 jam.
6. Setelah 2 jam, kentang bisa digoreng. Untuk sisa kentang, jika misalnya tidak semua digoreng bisa dimasukkan lagi ke dalam frezer. Kalu tahan berapa lama di frezer, kurang tau. Soalnya biasanya dua kali goreng si kentang juga sudah habis.

Dengan resep di atas, kentang jadi nggak mudah lembek dan jadi kriuk-kriuk. Dan untuk rasanya, malah jadi mirip sama singkong keju. padahal, tanpa keju lho.

PS. Ternyata kalau kentangnya disimpan di frezer lebih dari 24 jam, malah jadi lebih susah digoreng. Soalnya si kentang bakal jadi es batu. Nah, pas dipisah-pisah malah jadi patah-patah deh, soalnya si kentang jadi lembek. Jadi, lebih baik, disimpan di kulkas jangan lebih dari 24 jam. Kalaupun mau disimpan lebih dari 24 jam, lebih baik disimpan di chiler aja. 

Selamat mencoba.

You Might Also Like

0 komentar