Banana Pizza dan Pizza Tortilla

14.33

Sesuai resolusi saya taun ini, saya mau belajar masak. Resep pertama udah dicoba dari bulan lalu. Tapi baru sempet diposting sekarang. Nah untuk resep pertama di tahun 2012, gara-gara pengen banget sama tortilla sama roti pitta, jadi percobaan pertama bikin tortilla dulu. Awalnya sebenernya pengen banget sama roti pita, gara-gara pas beli kebab sama twisty-nya KFC, rotinya menurut saya yummy banget tuh. Saya kan suka banget makanan dari tepung-tepungan. Cari resep-resepnya di internet, nemu sih. Tapi berhubung kemalasan melanda, akhirnya nyari-nyari yang udah dijual dalam bentuk jadi. Hiks...sayangnya nggak ada. Obsesi menikmati roti pitta, disingkirin dulu. Terus, gak tau kenapa jadi pengen sama tortilla. Nyari-nyari lagi resepnya, eh ternyata resepnya mirip sama roti pitta ya. Lagi-lagi karena mau nyari praktisnya aja, saya berburu di supermaket, tetep aja nggak ketemu. Berarti emang harus bikin sendiri ini. Akhirnya meniatkan diri, pas liburan bulan lalu, niatin buat masak. Sebelumnya nyari-nyari resep dulu. Pas nyari-nyari resep, ketemu blog ini, eh malah jadi ngiler pengen bikin Pizza tortilla. Keliatannya sih gampang. Terus resep kulit tortillanya ketemu disini nih. Jadi makin kepengen bikinnya. Setelah belanja di hari Sabtu, hari Minggunya mulai berkutat di dapur. Setelah liat-liat bahan yang ada di rumah, akhirnya mutusin buat dua macem masakan. Yang satu pizza tortilla yang gurih, yang satunya manis dengan topping pisang. Dan rasanya ternyata enyaakkk... (hehehe masakan sendiri boleh dong dipuji). Untuk resep kulitnya, saya copy, dari blog ini ya. Meskipun kalau versi saya, masih saya modif lagi Untuk toppingnya bebas sebenernya. Kalo saya meneyesuaikan dengan yang ada di rumah aja deh.

Kulit Tortilla
by Dapur Ipoek:
Bahan
500 gr tepung terigu 
1 sdt baking powder --> gak pake (saya juga nggak pake)
15 gr susu bubuk  --> Saya nggak pake
20 ml minyak 
2 sdt garam 
Air hangat atau susu cair secukupnya untuk menguleni adonan--> saya pake air hangat aja



Pizza Tortilla (untuk toppingnya)
Bahan
1 buah sosis
1/2 buah bawang bombay ukuran kecil
1 buah tomat kecil
3 buah bakso (terserah mau pakai bakso apa)
garam dan merica secukupnya
Saus tomat secukupnya
Saus spageti siap pakai secukupnya
Margarin secukupnya
(kalau mau, bisa ditambahin sayur-sayuran kayak wortel  atau bayam. Saya nggak pakai keju, soalnya nggak ada di rumah. Gantinya pake margarin aja.)


Banana Pizza 
Bahan
1 buah pisang (terserah pisangnya apa jenisnya, saya waktu itu pake pisang kepok)
meises secukupnya
(kalau mau bisa ditambahin susu, atau meisesnya diganti coklat, suka-suka aja)


Cara membuat
Untuk adonan kulitnya (saya kopi-kan aja dari site-nya Dapur Ipoek ya)

  • Campur semua bahan, sebaiknya air jangan dimasukan semua.
  • Uleni sampai semua bahan tercampur rata, kalau terasa kering tambahkan sedikit demi sedikit air, uleni kembali sampai adonan kalis.
  • Bulatkan adonan, tutup dengan plastik/lap istirahatkan 15 menit (kalau saya sampai 1/2 jam)
  • Uleni kembali adonan yang telah diistirahatkan tadi. Cara ini sama dengan pembuatan roti/donut.
  • Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bulatan kecil kira2 8-10 buah atau lebih sesuai ukuran yang diinginkan
  • Tipiskan tiap adonan, dengan rolling pin (tortilla press kalau ada) atau pakai gilingan mie
  • Panggang di wajan datar (wajan crepes, wajan burger atau martabak telur mini), biarkan timbul gelembung dan sisinya berwarna kecoklatan, panggang kembali untuk sisi dibaliknya, angkat
Catatan dari saya
  • Saya mengistirahatkan adonannya, sampai 1/2 jam waktu itu
  • Pas nipisin, agak-agak kesulitan juga soalnnya nggak punya rolling pin. Saya ganti pake gelas, tapi hasilnya jadi kecil. Pake botol juga bisa sebenernya. Pas nipisin, ketebalannya harus sama, kalau nggak sama, nanti matangnya juga nggak rata.
  • Karena adanya wajan biasa (males ngluarin teflon), apinya saya setel sekecil mungkin. Tapi karena udah kepanasen, jadinya baru bentar si kulit udah gosong dan dalemnya masih mentah. Mungkin apinya harus bener-bener kecil, biar gak gosong. Karena kemaren tingkat ketebelennya beda-beda, jadi pas mateng hasilnya nggak sama, ada yang agak gosong, tapi bagian lainnya masih mentah.
  • Bagi adonannya jangan kekecilan, soalnya pas digiling hasilnya ntar kecil.
  • Kayaknya emang bagusnya pake wajan datar, biar hasilnya cantik.
  • Adonanya digiles dulu semua, baru dipanggang. Kalo digiles terus dipanggang, hasilnya nggak konsen buat adonan berikutnya.


Karena, masih ada yang belum mateng, setelah dikasih topping, saya panggang lagi pizzanya di atas wajan. Kali ini dengan api yang kecil banget. Terus ditutup (maksudnya biar kayak dipanggang di oven, tapi karena ovennya masih kotor, jadi nggak bisa digunain.). dan hasilnya malah jadi krispy banget lho. Terus krispyna juga bertahan lama. Senengnya... Untuk toppingnya, cara membuatnya kayak gini:

(topping pizza)
  • Iris-iris sosis dan bakso, sisihkan
  • Iris tipis bawang bombay, sisihkan
  • Iris dadu tomat, sisihkan
  • Panaskan wajan/panci. Tuang minyak/margarin. Setelah minyak panas, masukkan bawang bombay, setelah harum amsukkan tomat, sosis dan bakso. Masak sampai tomat layu. Beri garam dan merica secukupnya.
  • Ambil kulit tortilla, olesi dengan saus sapgheti siap pakai. Beri saus tomat di atasnya.
  • Atur topping yang sudah dimasak tadi
  • Tambahkan saus tomat atau saus sambal, bila suka dan beri margarin di atasanya (atau parutan keju).
  • Panggang di atas wajan dengan api kecil dan ditutup selama 15 menit. (jaga jangan sampai gosong)
  • Angkat dan sajikan


(banana pizza)
  • Ambil kulit tortilla, olesi dengan margarin
  • Tata pisang yang sudah diris-iris tipis diatasnya
  • Taburi dengan meises
  • Panggang di atas wajan dan ditutup dengan api kecil selama 15 menit
  • Angkat dan sajikan.


2 Resep itu, paling enak dimakan anget-anget. Untuk cemilan sore juga enak. tapi kalau harus buat lagi, kayaknya mau nyari kulit tortilla yang udah jadi aja deh. Biar praktis. 

You Might Also Like

0 komentar